Temukan Arsip Tobucil

Loading...

Saturday, November 10, 2007

Open Call Project: Pameran Melipat Kertas (Origami)

Klab Melipat Kertas (Origami) Tobucil & Klabs mengundang teman-teman yang memiliki hobi melipat kertas untuk berpartisipasi dalam proyek pameran melipat kertas yang akan diselenggarakan tahun 2008 dengan kurator Heru Hikayat, Kurator Seni Rupa. Pameran ini berencana menampilkan karya kolektif dengan mengeksplorasi bentukan-bentukan modular yang selama ini belum terlalu populer.


syarat
- terampil melipat kertas (origami) yaitu mereka yang tertarik dan bisa (pemula/mahir) melipat kertas
- tidak ada batasan umur
- terbuka pada perbedaan ide dan gagasan
- mempunyai komitmen dan dapat bekerja sama dalam tim
- dapat meluangkan waktu mengerjakan karya untuk pameran di semarang april 2008 (persiapan pameran akan dilakukan mulai bulan desember)
- waktu pendaftaran Open Call: 13 november 2007 s/d 26 november 2007

tempat pendaftaran :
tobucil & klabs
jl. aceh 56 bandung
telp. 022 4261548
contact person: Wiku, Tania


TENTANG MELIPAT KERTAS
by: Tania Fitriyani

Melipat kertas (Origami), adalah bentuk seni yang berawal dari hobi. Hanya dengan melipat selembar kertas, kita bisa merubah kertas tersebut menjadi benda yang berguna atau bentuk yang indah dari suatu karya seni. Pada awalnya untuk membuat suatu bentukan dalam kegiatan melipat kertas (origami) hanya dibutuhkan satu lembar kertas tanpa bantuan lem maupun gunting.Namun seiring dengan perkembangan zaman beberapa orang melipat kertas (origami) dengan bereksperimen menggunakan bahan-bahan lain, seperti beragam jenis kain, kawat berlubang, lembaran besi, dan bahkan lembaran-lembaran pasta.

Di Eropa, sebelum tahun 1950, kegiatan melipat kertas tidak dinamai origami seperti halnya di Jepang. Lain lagi di Jerman melipat kertas (origami) disebut “papierfalten” dan “paperfolding” di Inggris. Di Spanyol, “pajarita” tidak hanya berarti origami burung, tapi juga melipat kertas (origami) secara umum. Jadi sebenarnya melipat (origami) tidak selalu identik dengan Jepang. Karena setiap negara memiliki budaya dan istilahnya sendiri. Melipat itu sendiri dapat lebih luas untuk diaplikasikan dalam segala kegiatan melipat suatu bahan yang biasanya kertas.
Dalam melipat kertas, tidak ada pola khusus untuk membuat satu bentukan yang indah atau baru. Sedangkan origami cenderung identik dengan cara dan bentuk yang memiliki ‘ketentuan’ tertentu, seperti berhubungan dengan suatu upacara atau sejarah tertentu.

Sedangkan sebutan untuk orang yang melakukan kegiatan melipat kertas adalah Paperfolder (pelipat kertas). Latar belakang pelipat kertas ini bisa dari kalangan mana saja, seniman, ilmuwan, pendidik, bahkan anak-anak, remaja ataupun orang-orang dewasa yang mencintai melipat kertas (origami).

Maka melipat kertas pun bisa bersinergi dengan budaya Indonesia, dengan eksplorasi dan penentuan bahan yang mencirikan budaya Indonesia, melipat kertas bisa mempunyai cirinya sendiri.
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin