12.10.08

Lapak Liar Sagala Aya

-Tobucil, Rabu 08 Oktober 2008-

Madrasah Filsafat Liar

Di tengah kemasihliburan kegiatan klabs, Chris datang ke Tobucil. “Ini, gua ada topik …,” katanya sambil duduk di salah satu kursi beranda. Sebentar kemudian, ia sudah memaparkan permasalahan bertema “Vengeance x Justice”. Begini. Ada seorang anak, sebut saja A. Ayah A dibunuh oleh seorang B. Di kemudian hari, A mencari ayah B dan balas membunuh ayah B dengan cara yang persis sama. Pertanyaannya, sekedar vengeance-kah itu ? Atau justice? Menurut Chris, bisa jadi itu justice, sebab A dan B sudah impas.

Chris juga membawa topik “Game of Life”. “Sebetulnya hidup itu kayak game, game of life. Kita harus banyak riset,” ungkapnya. Dari sana, paparan Chris pun melebar-lebar ke arah software development life cycle, fanatisme pengguna software, hardisk, dan dunia seputar komputer. Tiba-tiba Syarif menyeletuk tidak nyambung, “Yah … kalo kata gua mah, yang bagus Speedy …” Ey … ?

Judul lain yang dilempar Chris adalah “I Write Sins not Tragedy”, diambil dari lagu Panic at the Disco. “Mabok dianggep dosa. Tapi kalau nggak ngerugiin orang lain, dia bukan tragedi. Kalo sampe mukul orang, baru jadi tragedi. Saya bisa aja ngebuat dosa, tapi jangan sampe jadi tragedi,” papar Chris.

Topik-topik lain pun bermunculan bagai rumput liar; dari Tuhan, sampai air dan wadah. Ketika Chris akhirnya meminta tanggapan, kami yang duduk mengotak di sekitar meja beranda kebingungan. “… ntar dulu. Yang musti ditanggepin yang mana ini ?” tanya Syarif. “Semuanya,” sahut Chris yang baru berusia sembilan belas tahun itu. “Dari semua itu tadi, inti yang dicari sebenernya apa? Jangan-jangan yang kamu cari memang intinya …,” tanggap Syarif.

Teman-teman, pembahasan yang bagai isi toko kelontong itu akhirnya menjadi PR bagi peserta madrasah filsafat liar. Akankah kami mengerjakannnya ? Hmmm … let’s see.

Ketika rumput-rumput liar itu tumbuh dalam kepala, ada yang berminat memangkasnyakah …?


Sundea


Chris, pembuka lapak liar
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin