5.10.08

Menggunting Pelangi

-Tobucil, Selasa 30 September 2008-

Pria berikut ini bernama Erik Silaban. Meski sudah beberapa kali mengunjungi Tobucil secara online, hari itu adalah kali pertamanya meletakkan pantat di bangku Tobucil, menghirup kopi aroma Tobucil yang khas, dan … langsung diajak ber-crafty ria oleh Yuchan.

“Lo lagi bikin apaan, sih ?” tanya Tobuciler saat melihat Erik menggunting-gunting lempengan CD. “Nggak tau, disuruh Yuchan aja,” katanya sambil menatap Yuchan, saudara se-Batak Toba-nya. “Itu buat bikin lapisannya lampu disko,” sahut Yuchan. Lampu disko ?

Yup. Lampu disko. Di kemungilan Tobucil, bergelantungan lampu disko yang juga mungil. “Di toko suka pada nanyain, makanya saya sama Mbak Tarlen mau ngebikin,” jelas Yuchan. Lho ? Lalu kenapa Erik yang malah tampak sibuk menggunting-gunting ? “Waktu dia dateng, saya lagi sibuk ngebakar-bakar (sedotan untuk bikin kalung). Terus saya tanya aja (ke Erik), ‘eh, mau ikut sibuk, ga?’ dianya langsung mau. Ya udah, saya suruh aja dia gunting-gunting CD. Lagian saya juga nggak kuat ngeguntingin CD-nya,” papar Yuchan lagi. Oh … begitu, ya …

Serpih CD yang tergunting, berjatuhan ke meja seperti air hujan yang berjatuhan dari langit. Deras suara hujan, dingin yang menggigit, dan langit yang membekap matahari, mengingatkan Tobuciler pada peristiwa kelam persis empat puluh delapan tahun silam.

Seperti hujan saat itu, yang entah kapan bakal berhenti, sejarah itu masih misteri. Film seramnya yang sempat diputar setiap tahun di televisi muncul sekelibat di kepala Tobuciler. Tahu-tahu perasaan Tobuciler jadi tidak nyaman.

Erik Silaban masih menggunting-gunting bakal pelapis lampu disko. Serpihannya berbentuk kotak-kotak kecil dan perak-perak pelangi bersinar. Tobuciler tersenyum; menyadari, bahwa untuk menjadi lampu, ia tak perlu listrik agar menyala.

Tobuciler menoleh ke langit terbuka, menatap kekeruhannya dan hujan yang turun tak henti-henti. Saat kembali menatap lempeng-lempeng guntingan Erik, Tobuciler tersenyum; menyadari bahwa tak perlu menunggu hujan berhenti untuk melihat matahari dan pelangi …

Sundea

Google Twitter FaceBook

1 comment:

Lintas said...

maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. apa kamu mau blog kamu terkenal?aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia... klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

>>> http://www.lintasberita.com

coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita's widget?? cek disini aja yah

>>> http://www.lintasberita.com/tools.php

thanks.... sory klo keliatannya spamming.. but seriously... im just helping you out here...

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin