26.10.08

Tamu yang Biru-biru

-Tobucil, Senin 20 Oktober 2008-

Pada suatu siang, Tobucil dikunjungi oleh perempuan berbaju biru, bermata biru, dan berbendera negara merah-putih-biru.

Namanya Rosa Verhoeve. Dia datang untuk berbagi cerita tentang “Photo’s Story”. “Saya ingin memasukkan unsur personal pada foto-foto jurnalistik. Spesialisasi saya adalah sentuhan personal tersebut, refleksi realitas, ” ungkap Rosa yang bekerja dengan Medicine Sans Frontiers (MSF).

Rosa kemudian membagi pengalamannya memotret pasien di Rumah Sakit Sudan. “Sebelum mulai memotret, saya bertanya pada diri saya sendiri, ‘siapa orang-orang ini?’ Dari sana, saya mulai berkenalan dengan obyek saya dan membangun sesuatu yang personal dengan mereka. Konsep foto juga penting, sebab konsep menunjukkan bagaimana kita berhubungan dengan obyek foto,” papar Rosa dalam bahasa Inggris, yang kemudian diterjemahkan oleh Hendri Ismail, seorang fotografer lepas yang juga membuat foto-foto jurnalistik bersentuhan personal.

Teman-teman yang hadir pun diberi kesempatan menunjukkan karya mereka. Dengan lugas apa adanya, Rosa mengomentari foto teman-teman. “Saya kurang suka foto ‘tipuan’ menurut saya itu terlalu mudah dan berlebihan,” ujarnya menanggapi Dolly yang banyak membuat foto eksperimental dengan phosotshop. “Tapi saya suka bagian ini,” katanya sambil menunjuk gambar kota yang terselip di antara gambar kayu yang terbelah pada foto Dolly.

“Di zaman yang serba instant ini, fotografer jadi susah memasuki dan menemukan cerita lengkap dari obyeknya,” kata Rosa tanpa menjadi pesimistis. “Hari ini betul-betul sekedar perkenalan. Saya akan kembali lagi ke Indonesia dan kita akan membuat sesuatu yang lebih konkret,” janjinya.

Perempuan berbaju biru, bermata biru, dan berbendera negara merah-putih biru itu meninggalkan Tobucil.

Dijejakkannya sebuah semangat baru: di bawah langit biru, banyak hal yang butuh kau sentuh dengan sepenuh …



foto karya Rosa dapat dilihat di sini


Sundea


Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin