16.11.08

Rudy Rinaldi yang Gugupan dan Takut Disangka Afghan

Beberapa bulan belakangan, seorang pria yang takut disangka

Afghan, rajin datang ke Tobucil. Ia muncul di madrasah filsafat, acara diskusi, belajar merajut, dan baru saja menggenggam sertifikat Klab Nulis Angkatan III. Pendiam, namun cukup menarik perhatian. Apakah karena Rudy Rinaldi memang mirip Afghan … ? Bagaimana menurut kamu … ?

Tobucil : Rud, kenapa, sih, elu pakenya kacamata yang begitu …?

Rudy : Nanti disangka Afghan kalo pake yang biasa …

Tobucil : Yeee … males … ngomong-ngomong, baru lulus Klab Nulis, ya …?

Rudy : Iya.

Tobucil : Tugas akhir lo, cerpen “Farashi” itu, idenya dari mana ?

Rudy : Ya … pernyataan dari hatilah itu. Itu karena … karena … saya sering ngobrol sama kakek saya (Rudy meminum tehnya).

Tobucil : Masih idup kakek lo ?

Rudy : Udah meninggal. Ya … itu bukan kakek saya … kakek angkatlah … jadi dia itu … eee … kakeknya kakek saya …

Tobucil : HAH ?!!

Rudy : Eh … maksudnya … kakek saya punya adik … ya gitulah.

Tobucil : Hahaha … elu tegang banget, sih, Rud …

Rudy : Ga tau … tiba-tiba aja sayanya. Kebiasaan mungkin (kemudian menarik nafas panjang).

Tobucil : Kebiasaan ? Emang biasanya lo tegang kalo apa ?

Rudy : Kalo … ditanya-tanya gini … ato … kalo … di depan sendirian. Demam panggunglah gitu … (kemudian cepat-cepat meminum lagi teh manis yang dipesannya).

Tobucil : Ooo … terus, nulis ngebantu lo ngilangin tegang, nggak ?

Rudy : Ya … pas nulis … nggak tegang …

Tobucil : Kan pas nulis elu kan emang nggak ditanya-tanya …

Rudy : Oh, iya, ya …

Tobucil : Lu punya cita-cita jadi penulis, nggak, Rud ?

Rudy : Kadangkala …

Tobucil : Mak … sudnya … ?

Rudy : Saya mau karena pengen nulis, yang nggak mau dikritiknya itu …

Tobucil : Lho … ?

Rudy : Soalnya nanti saya tegang lagi, gitu …

Tobucil : Ooo … hehehehe … ngomong-ngomong, elu tau Tobucil dari mana ?

Rudy : Tau dari temen, anak Unisba.

Tobucil: Siapa namanya ?

Rudy : Temen, anak Unisba (kemudian kembali meminum teh-nya).

Tobucil: … Baiklah. Apa yang bikin lo rajin dateng ke Tobucil?

Rudy : Saya kan sehari-harinya kuliah, main, kuliah, main, lumayan ke sini untuk ngisi acara …

Tobucil: (sambil senyum-senyum geli) ngisi ACARA ?

Rudy : Eh … ngisi waktu ...

Tobucil : Emang lo kuliah di mana, sih, Rud ?

Rudy : H.I (Hubungan Internasional) Unpas (Universtias Pasundan). Perasaan Teteh udah tiga kali nanyain kuliah saya …

Tobucil : Oh, udah tiga kali, ya ? Hehehe … maaf lupa … Di Tobucil lo paling suka kegiatan apa, Rud ?

Rudy : Madrasah falsafah kayaknya …

Tobucil : Kenapa ?

Rudy : Karena ada pencerahan …

Tobucil : Bukannya kalo dateng ke madfal orang biasanya mengalami pengkusutan, ya ? Hehehe …

Rudy : Enggak, kalo saya mah dapet pencerahan …

Tobucil : Kalo Klab Nulis gimana ? Apa yang paling berkesan dari Klab Nulis ?

Rudy : Apa, ya ? Kayaknya temen-temennya, deh, anak-anaknya, terutama pembicaranya (Ophan) …

Tobucil : Kenapa pembicaranya berkesan menurut lo ?

Rudy : Ya …soalnya saya disuruh bilang gitu tadi sama pembicaranya …

Tobucil : Hahahaha … dasar lu …

Tahu-tahu sebuah lampu yang sangat terang menyorot beranda Tobucil. Tobuciler melirik pada pemirsa launching novel “Marshmallow” yang tampak sudah mengambil posisi tertib, siap menyimak acara.

Tobucil : Rud, kayaknya udah mo mulai … wawancaranya musti udahan. Boleh minta nomor lo, nggak? Jadi entar kalo ada yang perlu ditanyain lagi, gua bisa ngehubungin elu …

Rudy : Nomor hp ?

Tobucil : Ya iya, masa’ nomor celana ?

Rudy : Oh … iya. Berapa ?

Tobucil : Lho ? Ya iya, berapa ? Kan gua yang nanya …

Rudy : Oh, iya …

Ketika Tobuciler sedang mencatat nomor hp Rudy, Putra, customer service yang sedang bertugas, lewat di depan kami. Rudy memesan segelas teh lagi. “Abisin dulu yang itu, jadi entar gua bikinnya di gelas itu lagi. Gimana ?” usul Putra. Dan Rudy menyahut, “Nggak mau, gua mau di gelas baru, soalnya yang ini udah terkontamanisi.” Terkonta-MANIS-i ? Halah !

Psst … jika Rudy memang penyanyi seperti Afghan, dan pada suatu saat didaulat membawakan lagu daerah, kemungkinan besar ia akan menyanyi begini, “Hitam minas, hitam minas, yang paling minas …”

Apakah Rudy Rinaldi memang mirip Afghan … ? Bagaimana menurut kamu … ?

Sundea





Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin