8.12.08

Menerbangkan Balon Warna-warni

-Tobucil, Rabu 03 Desember 2008-

Hari itu Tobucil tampak meriah. Teman-teman yang akan berpartisipasi dalam Crafty Days 02, meramaikan Tobucil seperti warna-warni balon ulangtahun.

Mbak Nia adalah salah satu pemberi warni.

Dari Jakarta, ia datang membawa kerajinan keramiknya yang lucu-lucu. “Studio saya di Cikini, deket IKJ,” ia menginformasikan. Meski sudah lama jatuh cinta pada dunia perkeramikan, baru delapan tahun ini ia betul-betul menggelutinya. “Saya kuliah di ekonomi, ngikutin orangtua. Mereka bilang ‘kuliah di seni mau jadi apa ?’”

But “love will lead you back” kata sebuah lagu lama. Selepas kuliah, ia kembali kepada cinta sejatinya. Setelah mengikuti kursus keramik di Apple Sien, ia memroduksi keramiknya atas nama “Alam-alam Indonesia”.

Saat melihat penjepit kertas keramik berbentuk kodok, tahu-tahu Kru Tobucil teringat pada teman-teman AJI yang sedang keranjingan bermain Zuma. Bagaimana kalau kodok eksklusif itu dijadikan hadiah kompetisi Zuma … ?


Mbak Nia


Pak Judiono Soeleiman adalah salah satu pemberi warna.

Di tengah Technical Meeting pameran sore itu, dengan bersemangat ia menceritakan produk “Senikir” yang diprakarsainya. “Senikir adalah produk berbagai bentuk replika yang indah, menawan, dan bermanfaat, hasil eksperimen dari bahan aluminium, misalnya bekas plat mobil dan motor,” papar Pak Judiono.

Dengan serius, ia menunjukkan modul yang telah dibuatnya. Ia membagi Senikir ini ke dalam tiga tahap, yaitu, “bisa, mampu, dan mahir”. “Saya ingin sekali mensosialisasikan ketrampilan ini untuk pendidikan. Lewat senikir, kita dapat mengurangi pengangguran, membuat sumber penghasilan tambahan, dan membuka industri kreatif di daerah. Jangan sampai pengetahuan ini berhenti di saya. Kalau banyak yang bisa, yang mendapat penghasilan dari senikir, kan nggak cuma saya …,” Pak Judiono mengungkapkan cita-citanya.

Kikir bagi Pak Judiono tak bersinonim dengan pelit. Sebab, saat mempresentasikan materinya, mata Pak Judiono dipenuhi impian untuk berbagi.










Pak Judiono


Pada tanggal 6 dan 7 Desember, balon warna-warni ini dibebaskan. Melalui Crafty Days 02 Recycle Attack, mereka dibiarkan terbang di angkasa; memberi warna lain pada biru-putih langit luas …

Sundea


Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin