29.3.09

Maria Kayla Augusta Lubis Menanti Reni yang Wira - wiri

Maria Kayla Augusta Lubis adalah satu dari dua peserta Kelas Menulis Kreatif untuk Anak-anak. Karena Reni, sang partner, sibuk wira-wiri di tengah acara lamaran kakak sepupunya Jumat (27/03) sore itu, praktis Kayla belajar tanpa teman. “Tapi entar katanya Reni mau ikutan, kok,” ujar Kayla.


“Ayo, Kay, tulis ceritanya,” kata Tobuciler yang menjadi fasilitator. “Entar, ya, Kak, nungguin Reni,” sahut Kayla. “Hmmm … sambil nunggu Reni, gimana kalo kamu aku wawancara dulu aja … ?” usul Tobuciler.


Kayla : Tentang apa, Kak ?

Tobucil : Maunya tentang alam-alam gitu, sih, Kay …

Kayla : Alam apa ? Kayak global warming gitu ?

Tobucil : Yah … alam-alam aja. Santai, kok, kamu boleh jawab apa aja …

Kayla : (mengangguk)

Tobucil : Kalo menurut Kayla, alami itu apa ?

Kayla : Berasal dari alam.

Tobucil: Hmmm … maksudnya ?

Kayla : Ya … berasal dari alam, gitu … hmmm … apa, ya ? Dari alam, bukan buatan manusia … sama aja, ya ?

Tobucil : Ya … lumayan … hehehe … nah, kalo dari alam kan namanya alami, kalo yang buatan manusia apa ?

Kayla : Apa, ya, istilahnya ?

Tobucil : Manusia-i ?

Kayla : Lupa, Kak …

Tobucil : Kayla hari ini pake baju ijo. Kenapakah ?

Kayla : Mm … apa, ya ? Mau aja …

Tobucil : Supaya matching sama Tobucil yang ijo-ijo kayak alam ini ?

Kayla : Ooo … Tobucil ini ijo, to … belum tau kalo sebetulnya Tobucil ini ijo. Baru tau saat ini, detik ini, kalo Tobucil itu ijo …

Tobucil : Waktu minggu lalu ke sini, emang nggak keliatan, Kay, ijonya ?

Kayla : Minggu lalu … keliatan, sih, tapi kirain hanya catnya …

Tobucil : Hehehe … ternyata sekitarnya juga ijo, ya, banyak taneman ….terus … Kayla kenapa suka nulis ?

Kayla : Inspirasinya dari guru kelas dua, disuruh nulis cerita pake kertas HVS, dari situ aja tertarik. Waktu itu nulis “Jin dan Lampu Ajaib” (sambil tersenyum).

Tobucil : Kalo nulis yang temanya alam-alam gitu pernah, nggak, Kay ?

Kayla : Pernah, nggak, ya … ? (sambil membuka-buka buku besar yang berisi tulisan-tulisan Kayla). Pernah nggaaak, yaaaa …? Mm … pernaaahh … nggak … enggak, Kak (sambil menutup bukunya). Eh, pernah, ding, tapi yang waktu itu ditempel di madding.

Tobucil : Waktu itu Kayla nulis apa ?

Kayla : Tentang kertas. Jadi ada empat anak, lagi main kertas, buat pesawat-pesawatan gitu. Terus ada anak, namanya … siapa, gitu. Dia terus negur, ‘untuk bikin pesawat-peswatan, pohon harus ditebang’. Abis itu jadi nggak pada main pesawat-pesawatan lagi.

Tobucil : Wah … ceritanya keren. Kalo menurut Kayla, alam bisa ngomong, nggak ?

Kayla : Bisa, tapi pake kejadian-kejadian, bencana-bencana …

Tobucil : Bencana kan omongan yang serem, tuh … kalo omongan yang baiknya apa ?

Kayla : Alam yang sejuk … gitu-gitu, deh … ceritanya tanda terima kasih …

Tobucil : Hehehe … eh, terus Kayla pengen ngomong sesuatu, nggak sama alam ?

Kayla : Mmm … enggak.

Tobucil : Lah ? Kenapa ?

Kayla : Pinginnya ngomong sama manusia, supaya ga nebang pohon, ga ngebuang sampah sembarangan…

Tobucil : Hahaha … sip ! Good point !


Reni masih terus wira-wiri ketika wawancara sudah selesai. “Reng, ayoooo …,” ajak Tobuciler. “Entar, Kak, ini lagi ngejar … (ngos-ngos-ngos),” sahut Reni yang sudah banjir keringat karena sibuk mengejar –ngejar seorang anak laki-laki.


Masih sambil menunggu Reni, Tobuciler membaca tulisan-tulisan di buku besar Kayla.Kisah yang segar dan alami khas anak-anak mengalir di sana. Tobuciler langsung jatuh cinta. “Kay, tulisan kamu aku minta, ya, buat dimasukkin di blog Tobucil,” pinang Tobuciler.


Karya murid kelas 5 SD Pandu ini, dimuat di rubrik “papantulis” edisi ini. Penasaran … ? Silakan disimak di sini… ^_^ v


Sundea


Google Twitter FaceBook

2 comments:

vbi_djenggotten said...

waaa...
sekecil ini udah out of de box...

edan...

tobucil said...

Iya, hebat, lho, anak ini ....

Mas musti kenalan langsung ... hehehe ...

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin