21.6.09

Yuliana Devita, Si Gadis Seuri Koneng

 

nanaseurikonengYuliana Devita alias Nana adalah peserta Klab Merajut yang sering seuri (tertawa). Pada suatu siang yang hujan, ia didapati sedang seuri-seuri sambil merajut di ruang belakang Tobucil. Sementara menunggu Nana dijemput, Tobuciler menanggapnya sebagai “Teman Tobucil”. Psst … siapa sangka gadis girang senantiasa ini sering disangka jutek ?

Tobucil : Na, kalo denger kata “saya” apa yang kebayang sama lo ?

Nana : Saya orangnya … rame. Saya … nggak bisa diem. Saya … saya… kata orang, sih, jutek, tapi … harus kenal dulu. Pasti nggak jutek.

Tobucil : Hah ? Masa, sih, jutek ? Dari awal kenal elo, kayaknya elu orangnya ceria-ceria aja.

Nana : Tapi temen-temen gua pas pertama liat gua bilang, ‘kayaknya orangnya jutek’. Padahal pas udah kenal … ternyata gila juga.

Tobucil : Hmmm. Kalo menurut lo, mending gila apa jutek ?

Nana : Mending gila.

Tobucil : Kenapa ?

Nana : Soalnya kalo gila masih bisa ngajak orang lain bergila ria. Kalo jutek … entar nggak ada temennya.

Tobucil : Ah, siapa bilang ? Orang gila yang suka nongkrong di depan Tobucil selalu sendirian. Ngomong aja ngomong sendiri.

Nana : Aduh, bukan gila Riau 11, maksudnya .. mmm … maksudnya gokil.

Tobucil : Dan gokil itu adalah … ?

Nana : Apa, ya ?

Rudy (menyeletuk dengan ekspresi dinginnya yang khas ) : Pergi membunuh ! Kan go kill.

Tobucil : Hahahahaha … itu mah lebih nggak ada temennya lagi, atuh, Na …

Nana (tampak terpengaruh dan galau) : Iya, ya …

Tobucil : Contoh, deh, contoh kegokilan yang lo maksud …

Nana : Mmm … gua suka mengeluarkan kata-kata aneh. Padahal bahasa Sunda. Kayak misalnya, pas tadi gua bilang ‘seuri koneng’ (nyengir kuning), Mbak Elin bilang, ‘elu mah bahasanya aneh !’ Padahal itu kata-kata yang sering diungkapkan sama orang-orang di rumah. Artinya .. apa, ya ? ‘Hehehe’ (mencontohkan). Gitu, deh …

Tobucil : Coba, coba, lagi, gua foto, biar masyarakat tau yang lo maksud ‘seuri koneng’

Dan Nana mempraktekannya. Dan Tobuciler memotretnya. Lihat foto di awal posting ini.

Tobucil : Elu sering seuri koneng, Na ?

Nana : Misalnya ada orang yang ngomong terus gua nggak ngerti aja, jadi, ya, gua ‘seuri koneng’.

Tobucil : Kalo orang ‘seuri koneng’ gara-gara lo sering, Na ?

Nana : Enggak, mereka mah kalo nggak ngerti langsung tanya, ‘Ngomong apa, sih, Na ?’ Soalnya gua orangnya nggak mudah sakit hati, sih … hehehe …

Tobucil : Hahaha … bagus, bagus. Btw, lu tau seuri yang warna laen, nggak selaen koneng ?

Nana : Kalo minum tinta mah ada. Eh, gua pernah, ya, pas ngisi tinta printer, printer gua tiba-tiba macet. Terus sok-sok disedot gitu sama gua. Gua kira nggak akan sampe ketarik, eh … taunya masuk, Bo, pait banget …

Tobucil : Hahaha … artinya itu ‘seuri bulaoh’ (senyum biru) ato ‘seuri hideung’ (senyum hitam), sekaligus tersenyum pahit.

Nana : Hahahaha … iya.

Telpon Nana berbunyi. “Gua udah dijemput,” ujarnya. “Oh, okz. Bahannya udah cukup, kok. Thank u, ya …,” sahut Tobuciler. Nana mengangguk. Mengemasi barang-barangnya sambil seuri-seuri.

Hmmm … saat itu, kira-kira apa warna seuri-nya ?

Sundeananatiga

nanadua

 

 

Bidodata

Nama : Yuliana Devita

Hobi : Ngerajut, berenang, baca buku ringan

Makanan kesukaan : Apapun kecuali bawang putih dan tomat

Minuman Kesukaan : Teh Botol, Nu Green Tea, Fruitcy

Cita-cita : dokter ???

Kuliah : Teknik Kelautan ITB 2003

Google Twitter FaceBook

4 comments:

Erwinthon P. Napitupulu said...

ini nyi vinon (pinjam akun produsen-nya): terima kasih nana, saya sekarang yakin dan tahu pasti bahwa di ITB ada Teknik Kelautan.:)

Yuliana said...

Loh emang sebelumnya blom pada tau yah di ITB tuh ada Teknik Kelautan...ck..ck..ck...sedih gini jurusan gw :D

Ara said...

wah... calon orang sukses masa depan... bossnya om Muslim ya teh..

Yuliana said...

Hihi iya nie...amieenn...
tp sekarang lagi berfokus di "gelombang rajutan" nie..hoho...

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin