5.7.09

Bersiaplah untuk Pesta Filsuf

Pesta Filsuf

Perayaan Dua Tahun Madrasah Falsafah Tobucil & Klabs Pesta Filsuf: “Merayakan Filsafat Dalam Keseharian” Bandung, 19 Juli 2009


Pengantar
Keberadaan filsafat pada dasarnya, tidak pernah bisa berdiri sendiri. Filsafat akan selalu mengada seiring dengan aktifitas manusia. Filsafat dalam prakteknya bisa dimaknai sebagai pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat bisa juga bermakna sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari aspek yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.


Hadirnya Klab Filsafat Tobucil dan Madrasah Falsafah Sophia di tengah-tenangah keramaian kota Bandung, adalah merupakan ikhtiar dalam mengembalikan filsafat kepada “habitat” aslinya, yakni dari aktivitas keseharian manusia. Semangat “Filsafat dalam Keseharian” (Everyday Life Philosophy) yang menjadi alasan klab ini hadir ditengah keramaian Kota Bandung. Sejak 16 Juli 2007 lalu, klab filsafat Madrasah Falsafah Sophia, secara rutin menggelar kegiatan “Obrolan di Rabu Sore” di Tobucil & Klabs, dengan tema-tema yang diangkat dari keseharian, dari hal yang dianggap remeh temeh sampe yang dianggap serius.


Beragam latar belakang partisipan hadir dan senantiasa berdialog, saling memeriksa, mencoba kritis, belajar berbeda dan menerima keragaman perspektif yang mengemuka. Obrolan filsafat yang selalu diaangap sebagai obrolan yang memusingkan, teoritis, dan hanya bisa dikonsumsi oleh sebagian orang saja, itu tidak terjadi di klab filsafat ini. Suasana santai di setiap rabu sore, mampu mencairkan sekat-sekat perbedaan keyakinan atau ideology, ras, etnisitas, gender dan sekat-sekat lainnya.


Juli mendatang, Madrasah Falsafah, genap berusia 2 tahun dan kami ingin merayakannya dengan mempertemukan para ‘filsuf’ dalam acara Pesta Filsuf “Merayakan Filsafat dalam Keseharian” untuk saling berbagi pengalaman dan pandangannya lewat sesi-sesi yang kami hadirkan.
Acara ini kami selenggarakan atas swadaya anggota komunitas Madrasah Falsafah, kesukarelaan anggota Klab Hobi untuk meluangkan waktu berkreasi menciptakan hadiah-hadiah untuk para undangan dan juga kebaikan R.E. Hartanto yang telah mengijinkan gambar-gambarnya dipergunakan dalam merchandise edisi terbatas bagi penggalangan dana untuk kegiatan ini.


Deskripsi Kegiatan
Kegiatan ini akan diselenggarakan pada :
Minggu, 19 Juli 2009
Pk. 10.00 – 21.00
Tempat: Tobucil & Klabs
Jl. Aceh No. 56 Bandung
Bentuk kegiatan adalah diskusi santai dan pemutaran film yang terbagi dalam empat sesi diskusi yang terbuka untuk umum dan gratis dengan tema sebagai berikut:
* Semua narasumber untuk setiap sesi sedang dalam konfirmasi (tunggu up date berikutnya).


Sesi I:
Pk. 10.00 – 12.00
“Facebook dan Aktualisasi Diri Individu
Bagaimana memaknai facebook dan jejaring sosial dunia maya lainnya sebagai panggung aktualisasi diri individu.
Sesi II
Pk. 13.00 – 15.00
“Filsafat dalam Keseharian ”
Bagaimana memaknai kembali filsafat sebagai bagian dari keseharian.
Sesi III
Pk. 16.00 – 18.00
“Spiritualitas Masyarakt Urban”
Bagaimana memaknai kembali spiritualitas dalam perspektif masyarakat urban.
Sesi IV
18.00 – 21.00
Syukuran dan Pemutaran Film:
Me and You and Everyone We Know (Sutradara: Miranda July)


Peserta:
Pelajar, Mahasiswa, Umum, Siapapun yang tertarik dengan filsafat.


Tentang Madrasah Falsafah
Apa Madrasah Falsafah itu?
Madrasah Falsafah adalah sebuah ruang publik yang terbuka bagi siapa saja, gak peduli ras, etnis, gender, dan dari agama atau kepercayaan apapun untuk saling berbagi, melayani dan melahirkan kesadaran hidup yang lebih baik, dengan cara berfilsafat dari kehidupan sehari-hari.


Apa yang Dilakukan di Madrasah Falsafah?
Berdialog. Inti dialog adalah melahirkan kesadaran hidup “baik” dari diri sendiri dan kawan bicara. Bagaimana orang harus hidup merupakan urusan semua orang, karena itu dialog dengan tujuan hidup “baik” penting bagi siapapun.


Selain berdialog, di Madrasah Falsafah dibiasakan untuk menuliskan kembali apa-apa saja yang dialami, dirasakan dan dipikirkan selama kegiatan berlangsung, yang tentunya setelah melalui proses apropreasi untuk kemudian di praktekan dalam berkeseharian.
Siapa Pembicaranya?


Siapapun yang hadir di Madrasah Falsafah Sophia, dialah pembicaranya. Kehadiran pihak dari penyelenggara hanya sebagai pemandu, pengarah alur obrolan agar tetap pada fokus dan lebih dalam. Karena pada dasarnya: “Tiap Orang adalah Filsuf”.


Apa Materi Pembicaraanya ?
Tentang Kehidupan sehari-hari, apapun. Soal-soal sepele atau soal-soal berat sama dianggap sebagai masalah falsafah, asalkan ia terkait dan dialami oleh peserta.


Apa Syarat Menjadi Peserta Madrasah Falsafah?
(1) Kejujuran, (2) Keterbukaan, dan (3) Ketulusan.


Kapan dan Dimana Kegiatan itu Berlangsung?
Kegiatan berlangsung setiap hari Rabu Pukul 16.00-19.00 WIB. Bertempat di “tobucil & klabs” Jl. Aceh No. 56 Tlp. (022) 4261548 Bandung.

Dibuka Pendaftaran Klab Menulis Kreatif untuk Anak-anak

Biaya : Rp. 300.000,00/anak untuk 8 pertemuan

Fasilitas : Buku kreativitas, peralatan prakarya.

Waktu : Setiap Jumat pukul 15.00-17.00, mulai 10 Juli 2009

Pendaftaran ditutup pada tanggal 9 Juli 2009

Terbuka untuk anak berusia 8-10 tahun.

Tempat terbatas untuk lima peserta yang paling dulu mendaftar.

Materi :

Pertemuan pertama : berbagi pengalaman menulis

Pertemuan ke dua : menuliskan pengelihatan dan pendengaran

Pertemuan ke tiga : menuliskan perabaan, penciuman, dan pengecap.

Pertemuan ke empat : memahami metafora (majas perumpamaan)

Pertemuan ke lima : Jalan-jalan

Pertemuan ke enam : Menuliskan pengalaman jalan-jalan di minggu sebelumnya

Pertemuan ke tujuh dan delapan : Membuat buku kumpulan tulisan sendiri secara handmade.

 

Sidang Klab Nulis

Teman- teman bagaimana kabarnya?

Sudah siap untuk sidang kah?

Berikut jadwal sidang yang akan mulai digelar tanggal 6 juli 2009, ada 3 peserta setiap sidang (Peserta diharuskan hadir pada setiap hari sidang).

waktu sidang dimulai jam 17.00 - 20.00 (harap kedatangannya tepat waktu)

Klik di sini untuk keterangan lebih lanjut

 

Regular Klabs

madrasah falsafah dan klab filsafat tobucil
mempersembahkandiskusi rutin Rabu tanggal 8 Juli 2009
dengan tema:

“Seksualitas” (Tentang Penyeragaman Moral)

Rabu, 8 Juli 2009

17.00 - 19.00 WIB
GRATIS!!

Upcoming Madrasaf Filsafat 15 Juli 2009 : "Postmodernisme"

 

Klab Nonton

filmnya Sabtu, 11 Juli 2009
Pk. 18.15-20.00 WIB
Howard Zinn: You Can't Be Neutral on a Moving Train
Film oleh Deb Ellis dan Denis Mueller/ Narator: Matt Damon/ 78 menit/ bahasa inggris, tanpa teks/2004
Howard Zinn adalah inspirasi bagi generasinya. Film ini menampilkan kehidupan Zinn, sejak ia kecil, kemudian menjadi aktivis organisasi buruh, pasukan bombardir udara di Perang Dunia II, sampai pemberontakannya di dunia akademis dan aktivis pembela hak-hak asasi manusia dan persamaan hak. Bukunya, 'People's History of the United States' memberi suara pada kaum minoritas, kelas pekerja, penduduk asli Amerika dan minoritas kulit berwarna. Rekan intelektualnya, Noam Chomsky mengatakan bahwa Zinn adalah model dan inspirasi bagi siapa yang mencari keadilan dan perdamaian.

Tentang film-film bulan Juli, klik di sini

Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin