Temukan Arsip Tobucil

Loading...

Sunday, September 6, 2009

Misteri Bencong Taman Maluku (Naskah Drama R.E Hartanto)

-Tobucil, Selasa, 1 Agustus 2009-

Klab Menulis Kreatif untuk Anak-anak

Masih ingat sandiwara boneka minggu lalu ? Nah, Reni kini tak kesepian lagi. Ada Kayla sang partner dan R.E Hartanto yang hari itu menjadi script writer tamu untuk pementasan mereka.

“Aku mau bikin naskah, dong,” request Mas Tanto setelah menonton pertunjukkan yang disutradarai Kayla dan Reni. “Ceritanya apa ?” tanya Kayla dan Reni hampir bersamaan. “Ada, deh …,” sahut Mas Tanto sambil mengeluarkan buku catatan kecilnya. Ia lalu mulai menulis sambil tersenyum-senyum jahil. “Tentang apa, sih ? Cepetan, dong,” Kayla yang sudah men-cup Strawberry Milk si sapi pink, tampak tidak sabar. “Tunggu, tunggu, sebentar lagi, ya …,” kata Mas Tanto sambil terus menulis. “Kok panjang amat, sih ?” protes Reni. “Kan buku aku kecil. Oh, iya, kita butuh satu tokoh lagi, nih, seekor anjing gila. Ada, nggak ?” tanya Mas Tanto. Akhirnya, boneka kanguru yang biasa dipajang di dekat kasir Tobucil diajak berperan sebagai anjing gila.

Ok. Jadi begini susunan pemainnya :

Kayla : Strawberry Milk dan Wombat

Reni : Deon (monyet cokelat muda)

Sundea : Onde (monyet hitam)

Mas Tanto : anjing gila dan tukang siomay

Lalu beginilah cerita yang kami lakonkan tanpa latihan sama sekali itu :

Pada suatu hari, Wombat berdandan menggunakan make-up Strawberry Milk. Deon dan Onde memprotesnya. “Aku ngetes, siapa tau make-up ini beracun,” alasan Wombat. Sebagai sahabat, ketiga hewan itu mengkhawatirkan keselamatan Strawberry Milk, satu-satunya sahabat perempuan mereka. Jadi, Deon dan Onde pun ikut mengetes.

Ketika mereka tengah asyik ber-make-up, seekor anjing gila tiba-tiba datang, mengejar-ngejar mereka, dan mengacaukan semuanya. Wombat, Onde, dan Deon berlari-lari panik menyelamatkan diri (pada bagian ini, Reni, Kayla, dan Tobuciler tegang betulan, Teman-teman). Namun, di tengah jalan, si anjing gila terdistraksi oleh seorang tukang siomay (yang diperankan oleh sebuah botol Fruit Tea). Si anjing beralih mengejar tukang siomay, sementara ketiga sahabat full make-up itu berlari sampai ke Taman Maluku.

Di tengah kelelahan Wombat, Deon, dan Onde, lewatlah Strawberry Milk. Sebagai sahabat, mereka bertiga memanggil-manggil Strawberry Milk. Lalu apa yang terjadi ? Strawberry Milk menjerit histeris, “Toloong … ada bencong … !!!” Ia pun berlari tunggang langgang dan cerita tamat.

Pementasan drama yang sungguh absurd sekali. Ketika menyadarinya, kami berempat tertawa lepas dan pecah seperti balon yang ditusuk.

Napoleon Bonaparte pernah berkata, “Hanya ada dua kekuatan di dunia ini, yaki pedang dan pena. Pada akhirnya, yang terakhir selalu menaklukkan yang terdahulu.”

Hari itu ketajaman pena peserta Klab Menulis Kreatif menusuk kesepian minggu sebelumnya. Sepi yang dingin seperti es pun lantak terserak.

Sundea

sandiwaraboneka

Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin