18.10.09

Ungkapan-ungkapan Klise dalam Hidup Natalia Oetama

 

liajajankalung Selepas madrasah filsafat, sesuai janji kami di sms, Tobuciler dan Natalia Oetama mengobrol tentang ungkapan klise. Lia yang punya nama pena Ivy ini tampak cukup pusing. Namun interview terus dilangsungkan. “Maju terus, pantang mundur !”

Tobucil : Li, kapan lu pertama kali ke Tobucil ?

Lia : Lupa, euy, tapi yang gua inget, perjuangan pas gua pertama kali ke Tobucil sungguh sangat mengenaskan. Gua ngelilingin sekitar sini untuk mendapatkan tempat ini. Sampai ke Jalan Lombok, jalan apa …

Tobucil : Menurut lo, apa ungkapan klise yang pas sama pengalaman lo hari itu ?

Lia : Nggak tau … (berpikir) … “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian”, mungkin, karena hari itu gua sangat gembira.

Tobucil : Lu pertama kali tau ada Tobucil dari mana, Li ?

Lia : Gua pertama kali liat di blog. Gua emang lumayan suka berblog walking. Waktu itu gua cuma blog walking, nggak berharap nemu apa-apa, eh… taunya nemu Tobucil.

Tobucil : Setelah lo kenal Tobucil, menurut lo ungkapan klise yang mewakili Tobucil apa ?

Lia : Gua Cuma tau madfalnya, “lu minta gua bahas”. Karena emang open banget. Bukan cuma tempat nongkrong, tapi juga gila, gokil, dan (nyaris) tanpa peraturanlah (obrolannya).

Tobucil : Kalo ungkapan klise untuk kedatengan lo ke Tobucil yang hari ini ?

Lia : Tambah bingung gua jadinya … unpredictable soalnya … paginya ujan, terus terang. Ujan, terang, ujan terang … apa, ya ? Nggak tau. Oh, ini aja “becek nggak ada ojek”.

Tobucil : Hehehe … Ok. Sekarang ungkapan klise favorit lo sendiri apa ?

Lia : “Sedang belajar mengimani, bukan hanya mengamini”. Karena ternyata (meski amin dan iman) hanya beda karena perbedaan letak (hurufnya), itu sulit (dilakukan). Makanya gua tambahin kata “belajar”.

Tobucil : Punya pengalaman menarik apa sama belajar mengimani dan mengamini ?

Lia : Pengalaman ? Apa, ya ? Apa-apanya dong…

Tobucil : Lah … Euis Darliah, dong … ayo, apa ungkapan klise yang menurut lo mewakili Euis Darliah ?

Lia : Nggak tau, gua cuma tau dia penyanyi dangdut.

Tobucil : Itu mah Iis Dahlia, Li, kalo Euis Darliah yang nyanyi “Apanya Dong”.

Lia : Oh, nggak tau gua.

Tobucil : Terus kok tau lagunya ?

Lia : Sering denger kayaknya …

Tobucil : Baiklah. Kalo lo nggak tau Euis Darliah, ungkapan klise yang pas untuk Iis Dahlia menurut lo apa ?

Lia : Lagunya aja gua nggak tau yang mana, disuruh ngasih ungkapan klise.

Ruri (teman yang datang bersama Lia) : Berkumis atau mati !

Tobucil : Wahahaha… menurut lo, Li, ungkapan klise itu cocok nggak buat Iis Dahlia ?

Lia : Dia berkumis, sih, tapi kalo “berkumis atau mati” kayak terlalu ekstrim, deh …

Ruri lagi : Mati satu tumbuh seribu ! Kumisnya …

Tobucil : Kalo yang itu setuju, Li ? Beserta alasannya …

Lia : Setuju. Nggak taulah, gua kira-kira aja.

Tobucil : Kalo ungkapan klise yang paling lo inget dalem idup lo ?

Lia : Maju terus, pantang mundur.

Tobucil : Kenapa ?

Lia : Kan katanya yang paling gua inget, kalo inget lagu “Maju Tak Gentar” gua inget “maju terus pantang mundur”.

Tobucil : Kalo ungkapan klise yang ngegambarin idup lu menurut lu apa, Li ?

Lia : Aduh, gua pusing sama ungkapan klise. Sebutin dulu, dong, ungkapan klise yang ada, karena gua nggak punya pilihan.

Tobucil : Hyaaa … gini aja, deh, yang simpel. Jadi menurut lo ungkapan klise itu apa, sih ?

Lia : Speechless. Nggak tau, gua cukup eneg ditanya ungkapan klise dari tadi. Oh, ini aja, ungkapan klise tentang idup gua, “mari kita bertanya pada rumput yang bergoyang !”

Tobuciler melempar pandang ke pekarangan Aceh 56, bermaksud bertanya pada rumput. Tapi karena langit sudah gelap, rumput-rumput sudah tak terlihat. Tobuciler tak tahu mana yang bergoyang mana yang tidak.

Tobuciler lalu mengembalikan pandang pada Lia yang dalam kepusingannya langsung jajan Teh Botol lalu sibuk mundar-mandir mencari pembuka botol. Hmmm … bagaimana kalau kita bertanya pada Natalia Oetama yang bergoyang saja ? ;)

Sundea

liadantehbotol

liaruri copy

 

 

 

 

 

 

Biodata Lia

biodatalia

Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin