11.1.10

Bagaimana Meningkatkan Minat Baca Di Keluargamu?

Apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan minat baca di keluargamu (keluargamu dan teman-temanmu)?



Acupofjns Yunusanis
dengan membikin ruang baca di rumah yg teduh,sejuk dan menyenangkan


Syahwina Agustina
ingin bikin taman bacaan yg dikelola keluarga..


Desy Handayani
.@u weekend. . Ke toko buku bareng kel. . . N mbuat suasana baca yg nyaman dirumah. .. .


Anne Mariane
matikan televisi terutama kalau acara lagi ga beres :D mendingan baca buku!


Indiyah' Erwinudin
Aku tekankan pd anakku bhw org yg plg rugi adlh yg menyiakan waktu,dan hal plg mdh mengisi waktu adlh membaca,...dimanapun kapanpun,....


Margaretha Nita Andrianti
Jadi, kalau saya membaca buku yang menurut saya bagus, saya kasih pinjam kepada teman saya atau ga saya menyarankan dia untuk membeli buku dengan cara memberitahukan sinopsis buku yang menarik tersebut.


Aan Julianti
membaca setiap ada waktu u memberi contoh kepada orang disekitar kita terutama memberi minat baca u anak. dan menyisihkan uang, paling sedikit 1 bulan u membeli buku bacaan. karena dengan membaca dapat ilmu dan juga dapat pahala ( contoh : buku bacaan yg sudah tidak terpakai dan layak pakai bisa diberikan ke panti asuhan)


Harish Banser
Kalau saya keluarga dan teman-teman sekitar lah yang nyuruh baca.


Hanif Ikhwanto
gampangnya sih dengan menunjukkan kerennya saya dengan banyak membaca..haha..dengan banyak tahu dari yang orang lain tahu, berharap mereka ingin tahu dan tertarik untuk membaca.


Rini Nurul Badariah
Mematikan TV, atau membatasi jam nontonnya.


Ninik Zidik HanDayanie
Membuat tampilan yang akan di baca jadi lebih menarik, misalnya aj....
ga semua yang kita baca itu harus dari ketikan, bisa dengan handmade yang lucu2 yang bisa menceritakan sesuatu :D
yang penting, pelajaran akan disampaikan itu mengenai sasaran :D


Bisma Suryono
memberi hadiah buku secara reguler pada anak2....dan mengajak mereka jalan-jalan ke toko buku...termasuk ke tobucil...hehehe..


Utari Dewi Narwanti
nyeritain sedikiit ttg buku yang dibaca. biasanya mereka terus penasaran, dan akhirnya baca juga! apalagi kalo yang diceritain adalah poinpoin menariknya..... semangat! :D


Nanne Lasut
Pengalaman sya..sblum anak sy bisa baca biasanya suka mencritakannya ato dongèng sblum tdur..besaran dkit langganan majalah anak2..bgitu dia dwasa,buku yg tebelnya minta ampun di santap juga..!? Klo ada buku yg dia suka, walaupun mahal tapi di béla2in jga spya bisa kebeli...!? :)

gw sndiri lagi mikirin gmana cara ny munculin minat baca gw..


Dimulai dengan membaca komik, dilanjut novel :)


dengan menunjukkan secara langsung kita (suka) membaca. dan mulai mengajak berinterkasi tentang buku yg kita baca, keunikannya, manfaatnya dsb :)


minat baca yang aku tumbuhkan pada anaku...pertama aku selalu bacain buku cerita setiap mau tidur...beli buku ynag gambarnya menarik trus dibaca bareng-bareng..kalo udah dibaca, minta dibaca lagi dengan versi dia atau kita sendiri dengan melihat gambar dibuku..biasanya anak lebih suka..nanti lama2 anaku bikin buku cerita sendiri...cobain aja


bertolak dari pengalaman saya mengasuh anak, saya pikir yang paling ampuh menularkan minat baca adalah ketika saya dan suami saya memang doyan baca, buku juga ada di mana-mana (tak harus selalu punya buku!) jadi between reach gitu, baru saya sadari kalau dengan cara itu buku pun menjadi sesuatu yang alamiah dalam kehidupan keluarga kami.


harus dimulai dr kita sendiri. bawalah buku sekuat kita bawanya biar pas nongkrong sm siapapun kalo keabisan bahan gosip bagi bukunyaa ke tiap yg ada. kl bisa bukunyaa yg sesuai sm tongkrongan kita. misalkan di anak2 metal brarti bukunya hrs yg gore dll gtuuu...

kl di rumah siyh perbanyak buku ajah biar anak & keluarga kita terbiasa sm buku gtuu..


hehhehe..caranya dengan sering memberikan hadiah berupa buku (bisa hadiah ulang tahun, kenaikan kelas, atao kesuksesan..mau ga mau kan harus dibaca;p) dan biasanya minimal sebulan sekali saya selalu belanja buku dan dipajang di rak, dan memberi contoh membaca minimal setengah jam setiap hari


Anak kami sekarang berusia 4 tahu. Semenjak ia masih ada dalam kandungan ibunya, kami selalu membacakannya sebuah buku, walau hanya beberapa lembar atau paragraf saja. Setelah lahir pun demikian. Sejak bayi, kami selalu membacakan beberapa bacaan dari buku. Dan sejak itu pula mungkin dia sudah familiar dengan bacaan, termasuk gaya membaca buku. Kalau kami sedang membaca buku, dia pun tak mau kalah, membaca buku yang kami belikan. Mulutnya komat-kamit seperti sedang membaca, walau kami tidak tahu apa yang dia ucapkan. Inilah cara kami menanamkan kegemaran membaca pada anggota keluarga kami yang baru. Hingga ketika kami ajak dia ke toko buku, dia sudah mempunyai pilihan buku kesukaannya. Dan tentu dengan senang hati kami membelikannya. (Hijar)


mendesain book corner di ruang keluarga, langganan koran dan majalah NG, 'pura-pura' baca di depan adik, hehe..


beli koran beli buku beli majalah ..
biar di baca sama orang" rumah ..


menyediakan banyak buku bacaan disekitar kita dengan berbagai macam buku dan majalah


Perlihatkan kebiasaan Anda membaca, ajak keluarga terdekat, tata buku/bacaan dengan menarik, buatkan rak penyimpanan walaupun sederhana, biasakan mengajak keluarga ke toko buku atau ke perpustakaan terdekat


1 menjadikan buku sbg kado untuk anak dan teman2 anak, juga anggota keluarga. 2 menempatkan buku di berbagai ruang di rumah. 3 membaca dimanapun -berharap kebiasaan ini bisa menular ke anak sendiri dan anak2 lainnya.



Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin