22.3.10

Membangun Kebiasaan Sehat Berinternet

Eli Amhar Rahmah
memiliki target tersendiri, seperti target hari ini apakah ingin menambah pengetahuan tentang apa? apakah sains? bahasa? dll karena aktifitas tanpa tujuan/target adalah sesuatu yang nothing.. juga bisa disambil dgn menyelesaikan skripsi hehe -well this is my cupu opinion-

Meity Mutiara L. Iskandar
kembali ke niat awal, mau apa atau pengen ngapain aja dengan fasilitas internet

Dita Hidayatunnisa Setuju sama opini yg pertamaa :)

Syarifah Tika Irmasari
buka yang menurutku penting, cuci mata liatin karya ilustrasi orang biar ilmu bertambah, sharing karya juga, sosialisasi dengan teman untuk bertukar informasi, kalau lagi suntuk ya main sebentar :)
kalau udah ngga ada web yang dibuka ya jangan nyari yang aneh-aneh, mending kuotanya dipakai buat ngdonlot dorama, hahaha *itu sih saya*

Margaretha Nita Andrianti
Harus ada prioritas. Kalau aku buka fb supaya bisa terus terkoneksi sama temen2 yang jaraknya udah pada jauh dan untuk ngeliat event. Buka fb juga aku gunain buat sharing event dan tulisan yang aku buat. Selebihnya, aku berinternet, selain untuk menambah ilmu dan mengunduh pdf juga lagu, ya aku pake buat nulis. He.... Biasanya sih, aku ngasih jarak (baru belajar Hari Minggu yang lalu), ngebiasain ga lama-lama atau ga tiap hari buka internet (Masih belajar).

Bisma Suryono
batasi waktu....pagi sekitar 1 jam tuk ngurus email dan fb. Sore 1 jam juga tuk liat2 info atw skdr refreshing dan nulis.

Afitz Almanfaluthi
manajemen waktu, mengatur prioritas yg akan dipelajari. setelah itu, baru hiburan. istilahnya, berinternet untuk belajar yg positif, kreatif, baru hiburan.....hehehe

Gilang Yubiliana
management folder menurut saya, nice diskusi! gbu all

Halimun Giri
meluruskan "persepsi" bahwa teknologi sebagai alat untuk meng up grade diri bukan diciptakan untuk menjajah diri

Zen Constantine March 10 at 10:26am
secukupnya tdk berlebihan kata petty pera yang sedang sedang sajaaaa...:D

Rival Ardiles March 11 at 5:40pm
Tentu saja berinternerharus ada manfaatnya, mencari inspirasi misalnya, atau silaturahmi atau masih banyak lagi, pokonya hindari searching2 yang ga baek tar malah jadi kebiasaan.

Anggi Hafiz Al Hakam March 11 at 7:22am
Saya menggunakan internet seperlunya dalam batas wajar, yang penting ada hubungannya sama pekerjaan, hobi walau kadang cuma cari berita.

Untuk membangun kebiasaan yang sehat dalam berinternet saya rasa kuncinya mulai dari self-control pribadi, berupa identifikasi kebutuhan agar tidak kesasar di dunia maya.


Devi R. Ayu March 18 at 10:56am
Mungkin yang pertama harus didefinisikan adalah "Sehat berinternet" itu apa? apakah pemakaian internet harus 5 jam sehari, diluar itu dikategorikan pecandu? Ataukah saat berinternet tidak boleh membuka situs2 porno, yg mana untuk sebagian besar orang dewasa itu sah2 saja? Ataukah sebisa mungkin tidak memberikan data palsu sehingga kejahatan di internet bisa menurun?

Intinya menurut saya adalah pengendalian. Setiap orang tahu sampai batas mana harusnya mereka boleh berinternet, dan dalam kondisi apa, sehingga tidak menimbulkan pengucilan diri sendiri dari dunia realita. Kendalikan diri, dan lebih bijaksana dalam menuliskan status di jejaring sosial, ataupun dalam memberikan data diri, sehingga bisa meminimalisir dampak negatif dalam berinternet. Internet adalah alat untuk menunjang kehidupan, jangan jadikan alat tersebut Tuhan dalam kehidupan kita.
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin