8.3.10

Tanda-Tanda Dan Gejala-Gejala Kecanduan Komputer & Internet/Game

Digital Detox Week Powered by Adbusters
Kapan terakhir kali kamu ngobrol bareng sahabatmu dari hati ke hati, makan bersama keluargamu tanpa laptop atau handphone di tangan, jalan pagi atau sore, menikmati pepohonan, suara burung dan kesegaran taman di dekat tinggalmu, menjalankan hobi yang menyenangkan bersama teman-temanmu?  
Jika jawabannya beberapa bulan atau beberapa tahun lalu, segera periksa dirimu, siapa tau kamu mengidap gejala-gejala kecanduan komputer & internet atau games. 

Gejala dan tanda-tanda ini merupakan penelitian yang dilakukan Dr. Hilarie Cash, PhD yang dikutip dari situs Net Addiction recovery.

* Meningkatnya waktu penggunaan komputer dan penggunaan internet.
* Sering mengalami kesulitan mengontrol perilaku.
* Mengalami euforia berlebihan ketika berhubungan dengan komputer dan menggunakan internet.
* Selalu mencari-cari kesempatan untuk bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggunakan komputer dan internet.
* Mengabaikan teman-teman dan keluarga.
* Merasa gelisah ketika tidak ada sesuatu yang dikerjakan.
* Menjadi tidak jujur pada orang lain.
* Mudah merasa bersalah, malu, cemas, depresi sebagai akibat dari perubahan perilaku yang disebabkan oleh kecanduan komputer & internet juga games.
* Berubahnya pola tidur dan istirahat.
* Mengalami gangguan fisik: seperti bertambahnya berat badan atau berkurangnya berat badan, sakit kepala, sakit punggung dan gangguan pada tangan yang tiba-tiba lemas dan jari-jari yang kebas (karena terlalu sering menggunakan mouse dan keyboard).
* Menarik diri dari banyak aktivitas yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

-----

Rubrik ini, dipersembahkan oleh Tobucil & Klabs sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan literasi yang menjadi visi, misi serta tujuan Tobucil & Klabs sejak awal. Media literasi menjadi pilihan, karena kian hari hidup kita senantiasa digempur oleh informasi yang berlebihan lewat berbagai jenis media, sampai-sampai kita kehilangan kemampuan untuk memilih dan menseleksi kembali, mana informasi yang kita perlukan dan mana yang tidak.

Pendidikan perlu mempersiapkan dirinya untuk menghadapi bagaimana caranya mengelola data dan informasi daripada sekedar mengumpulkannya [David Berlo, Communication and Behaviour, 1975]
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin