12.4.10

Dibanding ketika masa kecil/kedatangan pertamamu ke Bandung, apa pendapatmu tentang Bandung masa sekarang?

Zolie Shop
Panaaassss,,,
Ahdhan Ridzky
Bandung sekarang sudah mulai ber'kembang',banyak bebangunan dan mulai berkurangnya kembang warna warni.. :D 
Syarifah Tika Irmasari
maceeeet >_<
Grace Dwitiya Amianti

Panas, macet, udah gak ada embun lagi pagi-pagi, pohon mulai sedikit, terlalu banyak turis...
Acupofjns Yunusanis
bandung skrg banyak muncul mall tapi sdkt yg sukses ..
Rika Febriyani
tetap masih lebih baik dari Jakarta...huahahahaha!

Dydy Dyah
panas.
saya masih inget jaman sd, prakiraan cuaca di tvri, bandung ga pernah lebih dari 20 derajat C. jaman smp, pagi-pagi by pass masih berkabut.
 Hanna Wisudawaty

Gerah,macet,banjir..Yu mari,he
Dwi Yulianto
bandung masa sekarang masih menjadi tempat yang nyman untuk ditinggal...hanya saja perkembngan kota bandung saat ini nampaknya terlalu menguntungkan untuk sebagian pihak..dan pihak lain dirugian atas perkembangan kota ini..seperti contoh...tak ada hak bagi pejalan kaki untuk dapat memanfaatkan trotoar di aktifitasnya sehari-hari...ruang publik yang dapt menjadi tempat masyarakat kota berinteraksi dan berekreasi apalagi berekpresi nampak hilang di kota ini..berganti pada pusat2 perbelanjaan yang mengesampingkan aspek nilai2 kultural masyarakat sunda.... 
Abrams Gobrams B
belum tau..
Diana Kea
bandung..... berhubung cuma lewat di jalan utamanya aja, seperti masuk ke dalam pusat perbelanjaan....... (aduh punten ya buat orang bandung, tapi emang itu kesan pertama selepas pintu tol...... hiks... punten.... )
Wartawan Leupas
Ijinkan saya mengungkapkannya dengan dua buah sajak Sunda. Sajak ini pernah dimuat dalam majalah Sunda Cupumanik:

DAYEUH BANDUNG 1

nincak deui ieu dayeuh
tarahal pinuh kekebul
wangunan heubeul

angin ngararadan saban tangkal
kembang maluguran
jagat peteng jadi jugjugan

2005

DAYEUH BANDUNG 2

Puseur dayeuh
Munara kembar
Jalma-jalma tingbelesat
Sadu’ana-sadu’ana
Tapi langit angger anggang
Tatapakan lir ilang wiwitan

2005

hatur nuhun...
Aan Julianti
dahulu bandung kota sejuk tapi sekarang puanasssss n macet
KiBagus Ahmad Mangunsukarta
upami dinten minggu PKL dgasibu teu pageulek-geulek pisan jiga kiwari,...
Meta Safiraputri
Dulu cuma bisa liburan bolak balik bandung bekasi, tp skrg bisa sekolah dsni, bolak balik jg, bandung jatinangor :D 
Ayoe Sri Rahayu '81 dtg & pindah ke Bdg katirisan, berani ke rmh temen pake sepeda pdhl masih SD dari Dr. Rum ke Solontongan.. bemo msh 25,- dan angkot kalapa-ledeng 50,-

hmm..naon deui nya...

'10 dtg berkunjung ke Bdg... kapanasan, kesangan wae, kakebulan, boro2 naek sapeda...naek motor ge teu wantun..duk dek kendaraan... angkot warna warni ga apal ongkosnya rata2 2rb, bener ga sih? Always macet... dago, merdeka, purnawarman, bubat, gatsu, kircon, otista..
Yg pasti Jl. Aceh tetep adem...
 Gustar Mono
maunya gak ngeluh, tapi hanya sedikit sekali hal yang lebih baik di bandung sekarang daripada dulu. Padahal saya gak nyumbang banyak juga buat kota ini
Kiri Merah

kian panas. pengamen kian banyak. kian materialistik. kian padat. sekaligus kian kreatif.
Ferial Ghita
panas dan jauh dari tertib, jalan rusak, terlalu banyak rumah dijadikan restoran dan pertokoan yg minim tempat parkir, jadi bikin macet.

walau udah 10 taun jadi warga betawi (ktp udah jakarta yeuh...) tetep masih cinta bandung full....
Ayoe Sri Rahayu
tambahan dikit yaa.... tapi kalo mau jajan enak dengan harga murah, bandung nu pang top-top na lah... perut kenyang, dompet tenang, hati senang...^_^
Edwin Yusman F
riweuh...
Leon Ray
kadang makin panas, kadang makin dingin, kadang menyenangkan kadang menyebalkan
Risca Rudiawati
makin macet, makin panas, tapi soal makanan tetep paling top...
Usman Apriadi
lebih tidak beriman, ahaha, mksd gw smua terasa lebih instan, karna iman jelas tidak dalam satu paket dengan sikap instan.
dulu banyak ragam orang2 yg hampir bisa disebut fatalis, tp mereka ttp aja jalan dengan kediriannya. mksd gw anak jalanannya, komunitas, kalangan pemikirnya, dll. itu yg gw maksud iman. bahkan fenomena keimanan agama jg ... terkesan instan skrng.
bukannya ttp menginginkan tontonan yg byk, tp sprtinya memang bgitu adanya..
Persib juga udah instan skrng, beli pemain jadi mulu, menejemennya sprti terima aja dijadiin alat pencitraan Pak Dada (oh ya, biar sajalah.. terlanjur diketikkan). kata Bobotoh lebih terkenang menyenangkan dibanding kata viking..
.. dan Bandung tidak sejuk lagi
Bagus Purnomo
Macet,lautan fo, garinjul jalana jga mau offroad. Banjir.
Maya Melivyanti
Sudah tidak terkesan dengan rindang dan sejuknya jalanan di kota,apalagi riau banda yang dulu jadi tempat menginjakkan kaki pertama di smp,terlalu hectic,tapi tetep creative,salut sama semangat independent dan seni nya,pengen liat itu ada terus di bandung
Salma Rufaida Budiman
makin kreatif!
Rie Vijay
Pastinya beda banget, terutama taman alun-alun, kawasan yg paling sering dikunjungi waktu aku kecil. Bagusan jaman dulu. Tapi Bandung tambah kreatif juga sih. Banyak orang2 kreatif di sini.
Ayoe Sri Rahayu
Betul, kreativitasnya makin meningkat. Selalu jadi sumber inspirasi, jadi infus semangat utk lbh baik... tiap mudik dapet oleh2 ide2 baru. Apa Bandung bukan kota kembang lagi.. tapi kota 'nyeni'...?
A Tasdik ﻤﮏﺴﻢ
Beda pisssssssssan, masa kecil di Cihampelas yang dulu mah sepi, iuh, paling gandeng ge suara Bemo Alun2-Sederhana, beda sama sekarang walaupun emang pembangunan dan kreatifitas meningkat, tapi kerinduan akan kesejukan kota Bandung susah terobati, apalagi kalo hujan "banjir Cileuncang" nya super....... kangen ama Bandung yang sejuk, teduh dan rapih (tanpa banjir) tempo dulu.....
Pamanku Agus Salim

saya ke bandung pertama kali tahun 1995, sekolah di sma di dago, masih asri, dan dingin sekali kalau berangkat sekolah pagi2, sekarang di tempat yang sama sudah mengeluarkan kalor berlebih..fuih...
Anggi Hafiz Al Hakam
Tata kotanya sekarang ini semakin semerawut dan terkesan dibiarkan belum ada gebrakan dan hasil pembangunan yang merata,tapi dari sisi kreatif, seni dan budaya, masih yang terbaik. 
Ayoe Sri Rahayu
Pengen hari tua di Bandung... masih kebagian tanah ga ya...ato harus berbagi petak...paling banter dapet ukuran 2mtr X 1mtr... hiks...*_*
Hermawan Eka Susila
Bandung Perkembangan secara mode, bangunan, dll..sngt pesat. Tp sayang, tdk diimbangi dngan jalan, pepohonan & resapan air yg minim. Jalan dimana2 berlubang, bahkan tdk sedikit yg parah, pepohonan jd jarang , byak ditebang karena pelebaran jalan yg menyebabkan Bandung gersang, tdk sesejuk dulu. Resapan air yg tiap tahun ga pernah diperhatikan pemerintah setempat. Dr tahun ke tahun ancaman banjir smakin terlihat jelas. Tiap tahun grafiknya smakin meningkat
traffic light jg sering mati/error yg turut memperparah kemacetan .........  

Shalha Ubaid Salim
bandung mengalami kemajuan yg pesaaaat . tp udarany jd gaseger kyk dulu , gunung yg dulu ny ijo sm pepohonan udh jd banyak perumahan .
Syahrul Mawardi
hampir sama dengan yang lain..: "Panaaasss"
awal ke bandung waktu smp kerasa dingin banget meski waktu siang,.
sekarang kalo ke bandung bahkan tidur malam pun kadang harus lepas baju saking gerahnya..
dan sepertinya jadi macet..
Asri Angki
oh banyak sekali perubahannya. yang jelas jadi lebih ramai. dulu kalau jam 8 malam itu, jalan raya udah sepiiiiii. sekarang? justru lagi rame2nya yaa.. dulu semua orang ke BIP. ga ada yg lain. hahahaha. makanya BIP penuh ga karu2an. parkirannya sampe mbludakk. sekarang mall udah macem-macem yaa.. tapi mau se-nggak-enak apapun Bandung, tetepp ga bisa ke lain hati. it would still be my (lovely) hometown!
Google Twitter FaceBook

2 comments:

Aldi Rudianto said...

1. panas
2. macet
3. banjir
4. hujan lebat
5. sampah dmna2
6. tp ttep fun

Andi Lia said...

Pinuh...tapi biar bagaimana, teuteup lebih suka di Bdg daripada di Jkt...

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin