17.5.10

Label



Biasanya, kegiatan memberi 'label' terjadi ketika ada barang baru masuk ke tobucil. Staf tobucil akan menempelkan label harga dan nama pemasok barang itu untuk memudahkan pencatatan administrasi dan laporan penjualan. Hal yang justru sulit di labeli adalah tobucil itu sendiri. Sampai sembilan tahun lebih, saya masih kebingungan 'melabeli' tobucil ketika orang meminta penjelasan: apa itu tobucil?

Banyak orang melabeli tobucil sebagai toko buku alternatif, komunitas, tempat kursus, toko benang rajut. Ternyata banyak label yang diterakan pada tobucil.  Di kartu pos yang saya buat sebagai promosi tobucil, saya mencoba menjelaskan tobucil dengan kalimat seperti ini:
'Sejak awal berdirinya, 2 Mei 2001, tobucil memiliki komitmen mendukung gerakan literasi di tingkat lokal melalui kegiatan-kegiatan klab yang berbasis pada aktivitas serhai-hari. Melalui kegiatan membaca, menulis, apresiasi dan pengembangan hobi. Literasi bagi tobucil bukan sekedar kegiatan membaca dan menulis, namun termasuk kemampuan membaca lingkungan sekitar secara kritis juga keberanian untuk memahami diri sendiri seabgai individu yang mandiri serta memiliki potensi untuk berkembang dan berkontribusi pada perubahan.' 
Penjelasan yang sangat abstrak dan multi tafsir.

Memasuki usianya yang kesepuluh, saya memikirkan kembali label-label itu. Apakah perlu sebuah label yang seragam yang mungkin menjadi tafsir tunggal tentang apa itu tobucil? atau tetap membiarkan tobucil menjadi ruang yang multi tafsir? Sejujurnya saya lebih memilih yang terakhir. Biarkan tobucil menjadi tempat yang multi tafsir, jika orang bingung mencari label untuk menemukan apa itu tobucil, maka kebingungan itu menjadi harapan saya supaya setiap orang memberi makna baru pada tobucil.

Jadi tobucil itu apa?  pertanyaan ini sama rumitnya dengan menjawab pertanyaan: apa itu hidup.. :D

aceh 56
vitarlenology
Google Twitter FaceBook

1 comment:

Penelusur Hidup said...

Yup boleh kita tafsirkan seperti itu, tapi saya harap dapat kita jelaskan makna dari yg kita ciptakan sehingga genaplah kehidupan ini :)

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin