14.11.10

'Prikitiw', 'Cihuy', dan 'Ckckck'

Kamis, 11 November 2010

Klab Nulis tengah bergairah. Di bawah bimbingan Puji yang sementara menggantikan Sophan Ajie kemarin, para peserta dibimbing untuk mengerjakan tugas akhir. Tugas akhir tersebut, sesuai tradisi Klab Nulis yang sudah berlangsung turun temurun, adalah menulis cerpen. Mengemban amanah Sophan, Puji mengemukakan tiga pilihan tema yang diberikan Sophan bagi pesertanya. Terdengar cukup unik, berikut tiga tema tersebut: 'Prikitiw', 'Cihuy' dan 'Ckckck'.

Apakah gerangan itu? Tidak ada apa-apa. Sophan hanya memberikan tiga tema tersebut tanpa penjelasan. Artinya, interpretasi diserahkan pada para peserta. Ini sangat membingungkan tapi juga sekaligus menantang. Karena nyaris setiap orang punya interpretasi 'lurus' tentang masing-masing tema tersebut. Misal, 'Prikitiw' berkaitan dengan genitnya pria dalam melihat wanita, lalu 'cihuy' identik dengan anak kecil yang kegirangan diajak main temannya, serta 'ckckck' identik dengan rasa tak percaya. Padahal, kata Puji, ketiganya bisa diputarbalikan sesuai konteks. Misalnya, bagi pembunuh psikopat, rasa setelah membunuh itu bisa jadi 'cihuy'. 'Ckckck' bisa jadi kekaguman melihat pemandangan alam. Atau, bahkan, keseluruhannya bisa tak terimplisitkan di tulisan, tapi merupakan ekspresi dari orang yang membaca cerpen tersebut. Misal, ketika membaca cerpen Ervan tentang kelucuan anak kecil, orang yang membaca jadi mengatakan, 'cihuy'.

Artinya, boleh dibilang, Sophan memberikan semacam garis batas putus-putus. Jika dilihat dari kejauhan, garis putus-putus itu tak terlihat dan hanya kelihatan seperti garis lurus tegas. Tapi dari dekat dan jernih, semuanya bisa bersinggungan, berlarian, hilang tak terlihat dan keluar di tempat tidak diduga. Selamat berjuang peserta Klab Nulis!

Syarif Maulana
Google Twitter FaceBook

3 comments:

Penikmat Buku said...

wow! terlihat sangat menarik

Yogi M said...

Artikel dan blognya bagus juga, komentar juga ya ke blog saya www.infonotesharian.blogspot.com

Admin said...

haha,, gokil gan ,, ru tau

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin