9.5.11

Di Balik Kepemimpinan Habibie


Madfal 4 Mei 2011 
Seperti biasa, Rabu sore adalah waktu untuk berdiskusi secara terbuka di Tobucil. Walaupun hanya beberapa tobucilers yang hadir, namun diskusi tetap berjalan menarik. Kali ini Heru Hikayat menjadi pembawa masalah dari Detik-detik Yang Menentukan, sebuah buku mengenai berbagai polemik yang dihadapi Habibie selama menjabat menjadi pemimpin nomor satu di Negeri ini. Pembukaan diskusi dilakukan dengan menelisik hubungan antara Suharto-Habibie, di mana banyak sekali mentri-mentri yang menjadi pesimistis ketika Suharto lengser dari jabatannya dan Habibie naik menjadi presiden. Tentunya menarik ketika seorang scientist dipaksa menjadi Presiden hanya karena kedekatan yang sangat dengan Suharto (sang Bapak). Sama halnya ketika Diecky Kurniawan Indrapraja bercerita mengenai seorang pemain musik yang sangat dekat dengan seorang Raja di suatu negeri (saya lupa) yang terpaksa menjadi Raja ketika negerinya diserang oleh musuh karena Raja yang asli telah melarikan diri entah kemana. Satu pertanyaan kemudian muncul dari Diecky yang ditujukan kepada Heru berkaitan dengan tema yang selalu dia bawa ( dua minggu sebelumnya Heru membawakan tema ‘Gusdur’ ) “mungkinkah di balik tema-tema yang dibawakan terdapat keinginan menjadi pemimpin? Atau menjadi tokoh politik?”
Sebelumnya Diecky telah diminta menjadi pembicara pada sebuah seminar yang membahas mengenai taman budaya dan pihak-pihak (entah itu pemerintah atau bukan) yang dapat mengurusnya—supreme father—. Kepedulian Diecky terhadap hal itu membuat para peserta seminar langsung menunjuk kepada dirinya untuk menjadi pihak yang bertanggung jawab tersebut.
Kejadian yang serupa terjadi di madfal kali ini, karenanya terdapat sedikit kecurigaan pada Heru. Apakah memang ia ingin menjadi pemimpin? Dengan senyumnya yang khas, Heru menjawab “ tidak, hanya saat ini adalah masa transisi, dan kita bisa dengan tenang dan puas membahasnya tanpa takut ditangkap atau bahkan diseret ke penjara.”
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin