7.6.11

Diskusi KlabKlassik: Antara Karawitan Jawa dan Akustik Gedung

Minggu, 12 Juni 2011
Pk. 15.30
@tobucil Jl. Aceh 56 Bandung


Bilawa Ade Respati merupakan salah satu gitaris klasik yang cukup aktif di Bandung. Pada kesempatan diskusi KlabKlassik kali ini, ia diundang untuk berbagi tentang suatu tema yang sekaligus juga menjadi tugas akhir kuliahnya di Jurusan Fisika Teknik ITB. Tema berjudul "Dampak Perubahan Parameter Akustik Musik Karawitan Jawa terhadap Parameter Fisioakustik" yang dibawakan Bilawa nantinya akan terdengar sangat menarik karena kita ...akan disuguhi bagaimana seseorang yang punya latar belakang musik klasik, musik tradisi dan juga filsafat, mengolaborasikan kesemuanya secara halus dengan fisika terapan. Berikut isi yang jadi bahasan nanti:


1. Mengenal musik Karawitan Jawa dan kaitannya dengan karakteristik akustik musik
Kita akan lihat apa saja yang menghubungkan antara musik dan ilmu akustik sebagai hidangan pembuka menuju hal-hal menarik lainnya. Pola gendhing, laras, pathet dan apa hubungannya dengan parameter akustik.

2. Fungsi otokorelasi dan parameter akustik temporal
Terlepas dari judulnya yang menyeramkan kita akan coba lihat bersama-sama apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh beberapa persamaan dan istilah-istilah. Mari kita kenali bersama apa itu waktu dengung, waktu tunda, fungsi otokorelasi, dan durasi efektif (dengan kopi aroma dan keripik setan agar lebih nikmat). Walau seolah dari dunia lain, hal-hal tersebut ada di sekitar kita tanpa kita sadari.

3. Electroencephalogram (EEG)
Otak kita memiliki sinyal tersendiri yang dapat diukur. Apa yang otak kita coba sampaikan lewat sinyal-sinyal ini? Bagaimana kaitannya dengan musik (terutama musik karawitan) dan ilmu akustik? Kita akan kenali tentang gelombang alfa, gelombang beta, frekuensi gelombang otak, dan apa respon fisiologis yang dikaitkan dengan gelombang-gelombang otak ini.

4. Durasi efektif musik Karawitan Jawa
Di sini kita akan lihat hasil pengamatan terhadap perubahan durasi efektif musik pada musik Karawitan Jawa dan apa kegunaan parameter ini sebenarnya. Apa yang terjadi jika tempo musik berubah, instrumen musik yang digunakan berbeda, dinamika permainan berganti? Kita akan lihat apa saja yang terjadi di balik notasi kepatihan (partitur karawitan).

5. Dampak perubahan parameter akustik terhadap parameter fisioakustik
Setelah sederet menu akhirnya ini menu utamanya. Bagaimana sebenarnya pengaruh perubahan parameter akustik ruang pada respon otak kita? Kemudian apa gunanya? Ruang seperti apa yang kira-kira cocok untuk pertunjukan musik karawitan Jawa?
 

Terbuka untuk umum dan gratis.
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin