19.6.11

KlabKlassik Edisi Playlist #7: Siapkan Kaset Kalian!

Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Berasal dari bahasa Perancis, yakni cassette yang berarti "kotak kecil". Kaset berupa pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara. Dari tahun 1970 sampai 1990-an, kaset merupakan salah satu format media yang paling umum digunakan dalam industri musik.
Kaset, gambar diambil dari sini.

Mengacu pada kurun waktu yang disebutkan wikipedia di atas, terang saja kaset sekarang bukan lagi media yang umum. Lagu-lagu sekarang sudah disimpan dalam berbagai format yang lebih praktis dan "memuat banyak" seperti Audio CD atau MP3. Atas fenomena teknologi penyimpanan musik yang semakin canggih ini, kaset bisa dalam hitungan tahun akan menjadi kotak kuno yang dimuseumkan. Terutama lagi jika mengingat alat pemutar kaset semakin lama semakin sulit dicari.

Atas dasar renungan romantik-nostalgik tersebut, KlabKlassik Edisi Playlist #7 mengajak kamu-kamu untuk membongkar kaset-kaset koleksi terdahulu untuk dipilih satu lagu favoritnya dan dibawa ke forum untuk diapresiasi sama-sama. Lagu boleh apapun, tidak usah klasik, pemutar disediakan dari kami. Lagu akan diapresiasi bersama dan dikomentari oleh analisator kami, Ismail Reza dan Diecky K. Indrapraja. Karena kaset membutuhkan waktu untuk rewind atau forward, maka jika dahulu forum berlangsung dari pukul 15.00, sekarang pertemuan dipercepat sejam jadi pukul 14.00. Silakan datang, hari Minggu 26 Juni di Tobucil, Jl. Aceh no. 56. 
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin