17.7.11

Persembahan dari AAS: Let's Play Violin 2!

Ammy Alternative Strings (AAS) bukanlah nama baru di antara kegiatan Tobucil. Tercatat sudah dua kali AAS tampil di beranda. Pertama ketika gelaran Musik Sore Tobucil, yang kedua adalah baru-baru kemarin ini, Crafty Days #5. Kang Ammy Kurniawan sebagai penggagas AAS itu sendiri, pernah mengadakan workshop bermain biola di Tobucil.

 Penampilan AAS di Tobucil kala Crafty Days #5

Hari Minggu, 17 Juli kemarin, AAS mengadakan home concert-nya yang kedua. Setelah sukses digelar tanggal 23 Desember tahun 2009 dengan tajuk Let's Play Violin, AAS mengadakan edisi sekuelnya dengan judul Let's Play Violin 2. Berbeda dengan jilid satu yang diselenggarakan di Auditorium CCF, AAS kali ini bermain di Bumi Sangkuriang. Seperti biasa, AAS tampil dengan format anak-anak didik Kang Ammy yang seluruhnya bermain biola, diiringi oleh band, termasuk oleh Kang Ammy sendiri yang juga fasih dengan gitar.

Konser ini dibuka dengan penampilan solo Ilham Akbar yang membawakan lagu Indonesia Raya. Penonton berdiri dan ikut menyanyi, sehingga suasana menjadi cukup khusyuk. Tema Let's Play Violin 2 ini adalah memasyarakatkan lagu-lagu daerah. Kata Kang Ammy, "Harusnya sebelum orang mencari ke luar, gali dulu apa yang ada di negeri sendiri." Lagu-lagu daerah itu sendiri dibawakan dalam format medley. Misalnya, ada Java Medley, isinya mencakup lagu tradisional Jawa seperti Cingcangkeling dan Tanduk Majeng. Demikian ada juga Sulawesi Medley, Kalimantan Medley, meskipun ada juga lagu yang tampil "sendiri" seperti Janger dan Yamko Rambe Yamko. Seperti biasa, kang Ammy juga selalu menyelipkan lagu ciptaan sendiri seperti Kupu-Kupu Kecil, Duo Etude, dan Rose for You.

Kang Ammy sukses mengemas pertunjukkan AAS ini menjadi atraktif. Yang digali tidak cuma harmoni dan kekompakan musikal, tapi juga penampilan visual. Meskipun relatif sederhana, namun terlihat jelas bahwa Kang Ammy mengorganisasi beberapa koreografi. Ini menjadi nilai plus ketika instrumen biola secara stereotip sering dikaitkan sebagai alat musik yang dimainkan dengan duduk dan membaca partitur. Kang Ammy secara berani mengacaukan imej tentang instrumen biola dengan membawanya berlari, menari, dan melenggak-lenggok.
 Duet Kang Ammy dan Bimo di Let's Play Violin 2.
Photoshot by Dadan Oldskull

Kang Ammy Kurniawan adalah musisi yang cukup aktif tidak hanya di blantika musik Bandung tapi juga nasional. Ia sering mengisi rekaman dan menjadi additional player untuk band seperti Nidji, Mocca, Ari Lasso, dan Hijau Daun. Ammy juga pernah menjadi bagian dari Violin All-Star yang tampil di RCTI bersama Henri Lamiri, Didit, dan Oni. Bandnya, 4 Peniti, cukup aktif dan dikenal. Sudah mengeluarkan satu album dan reguler tampil di Jakarta International Java Jazz Festival. Meski demikian, dari seluruh aktivitas musiknya, ia mempunyai tendensi untuk melabuhkan hatinya di bidang pengajaran dan komposisi. Terbukti dari kegiatan mengajarnya di Jalan Progo nomor 15 yang semakin berkembang serta produktivitasnya yang tinggi dalam menulis karya baru.

Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin