15.8.11

Liputan Kami Punya Cerita #1: Pameran & Slideshow Karya Kelas Foto Cerita Tobucil Angkatan I

Senin, 8 Agustus 2011

Tobucil sore itu disesaki banyak orang. Tidak hanya itu, di kiri kanannya tergantung sesuatu yang menarik. Ada foto-foto di sana, foto-foto yang di sebelahnya termuat kata-kata narasi yang menarik. Jadi memang Senin itu adalah momen penting bagi Tobucil, karena beranda kecilnya mendadak menjadi ruang pameran. Hal yang oleh salah satu pengunjung disebut dengan, "Alamiah. Pameran foto di galeri biasanya memperhitungkan tata letak sebagai bagian dari estetika. Namun pameran foto di sini betul-betul apa adanya dan tidak ada estetika lain selain dari foto itu sendiri."


Kelas Foto Cerita Tobucil yang diadakan setiap Senin dan Kamis itu rupanya menemui puncaknya di Senin itu. Setelah berjumpa dua kali seminggu selama sebulan, kelas bimbingan Arum Tresnaningtyas itu menjadikan pameran para peserta sebagai pamungkas. Kelas Foto Cerita Tobucil berlangsung cukup menarik, Arum tidak hanya mengajarkan teknik dasar fotografi, melainkan juga menggali keseharian dari pesertanya. "Saya ingin menyadarkan mereka tentang keseharian mereka. Bahwa jangan-jangan justru karena terlalu terbiasa dengan keseharian, mereka lupa bahwa banyak ditemukan peristiwa yang menarik untuk diabadikan," begitu ujar Arum. 


Mba Tarlen misalnya, peserta yang juga sekaligus pemilik Tobucil, ia akhirnya memutuskan untuk mengabadikan ruang kerjanya dalam karya berjudul "My Little Corner in The World". Ini menjadi dramatik karena ruang kerja yang ia duduki setiap hari nyaris luput dari perasaan bahwa itu semua menarik. Membuatnya tersadar bahwa rutinitas seringkali membenamkan kesadaran kita tentang asyiknya dunia ini. Karya menarik tentang keseharian lainnya ada pada Vina Vinessa, yang mengabadikan hari-hari kedua buah hatinya, Dipta dan Putri. Tema yang mirip juga dilakoni Jane Tanggalung. Sedangkan Ina Meliana menyuguhkan tema "Cemerlang di Usia Senja", memotret masa tua dan berbagai keindahannya. Teringat filosofi Cina, bahwa makin tua biasanya seseorang harus semakin produktif. Sedangkan Arin Sulaskin bercerita yang lain, yaitu tentang beban anak-anak yang harus menghabiskan masa kecil di jalanan. Lalu Arif Hidayah dengan judul "Behind The Stage" mengisahkan tentang Achi, seorang vokalis band hard-core yang sehari-harinya menjadi seorang istri, ibu, dan guru TK sekaligus.

Proyek Kelas Foto Cerita Tobucil memang ditujukan terutama pada kejadian yang dekat dengan diri sendiri. Seolah-olah mau memberitahu bahwa jangan sampai teralienasi oleh sebab kesibukan yang menjauhkan dirimu dengan kejadian sekitar yang barangkali -jika dihayati-, selalu baru setiap harinya.
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin