Temukan Arsip Tobucil

Loading...

Monday, August 15, 2011

Madrasah Falsafah: Menggeliat Mencari Kebahagiaan

Rabu, 10 Agustus 2011

Berbeda dengan Rabu sebelumnya dimana obrolan Madfal seperti tanpa arah, Rabu kali ini Madfal terlihat serius dan terkonsentrasi. Keberadaan sang moderator abadi, Rosihan Fahmi alias Kang Ami rupanya sangat signifikan dalam peningkatan tensi obrolan.

Topik Madfal adalah tentang kebahagiaan. Kebahagiaan atau dalam bahasa Yunani adalah eudaimonia, konon diamini Sokrates sebagai tujuan utama semua umat manusia. Baginya, kebahagiaan hanya mungkin dicapai dengan perbuatan yang baik. Perbuatan yang baik hanya mungkin jika kita mempunyai pengetahuan tentang apa yang baik. Bagi Sokrates, jika seseorang masih berbuat jahat, maka sesungguhnya ia belum mempunyai pengetahuan tentang kebaikan. Karena bagaimana mungkin ada manusia yang memilih untuk tidak menjadi bahagia?

Baik Diecky dan Mas Daus, kebahagiaan seringkali datang dari pengakuan atas eksistensi. Ketika membuat karya misalnya, kebahagiaan terjadi setelah karya itu selesai dan diakui. Diecky punya pengalaman ketika karyanya disarankan untuk dibakar oleh teman-temannya. Katanya, "Agar aku tidak terlena dan mau membuat karya baru terus menerus." Namun ia menolak, alasannya, "Aku akan menyimpan karya tersebut, sehingga ketika suatu saat aku kehabisan ide, aku bisa mengingat kejayaanku di masa lampau. Kebahagiaanku dulu, sebagai sumber motivasi."

Sedangkan Ijal punya pemikiran lain, ia merasa kebahagiaan hanya mungkin dicapai setelah melampaui keterdesakan. Menurut pengalamannya, "Kemarin saya berkutat dengan komputer berhari-hari demi sebuah instalasi. Setelah melewatinya, perasaan lega dan bahagia." Kang Ami kemudian menimpali, "Barangkali kebahagiaan itu adalah sesuatu yang terus menerus mesti dicari. Dan ketika tercapai, kebahagiaan menawarkan suatu bahaya di dalamnya. Jika terlena kita bisa saja terjerumus pada kepahitan. Maka itu jangan-jangan kebahagiaan juga membutuhkan jeda demi jeda untuk merenungkan makna kebahagiaan itu sendiri."
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin