9.10.11

Kelas Foto Cerita: Berbagi Pandangan Mata

Senin, 3 Oktober 2011

Kelas Foto Cerita angkatan kedua berkumpul dua kali seminggu. Kelas yang ditutori Arum Tresnaningtyas Dayuputri ini adalah yang kedua kali, setelah sukses menutup angkatan pertamanya dengan pameran pada Agustus lalu.

Pertemuan kemarin berlangsung ceria. Penyebabnya adalah foto-foto dari Rudi yang dianggap menarik sekaligus menggelikan. Rudi memotret berbagai situasi yang berhubungan dengan balon. Ia mengambil tempat di jalan Riau sekitar FO Heritage dan suasana Dago Car Free Day di hari Minggu. Foto-foto tersebut ditampilkan satu per satu di laptop milik Mba Arum. Ada foto yang menurut Mba Arum sangat bagus, yaitu ketika balon Spiderman seperti menutupi wajah seorang ibu, terkesan wajah si ibu berubah menjadi Spiderman. Yang menggelikan adalah, seringkali objeknya tidak berhubungan dengan balon, ada misalnya, foto wanita cantik atau orang bermesraan. Hal tersebut yang membuat suasana Kelas Foto Cerita berlangsung gembira.

Selain Rudi, pertemuan hari itu juga membahas foto-foto dari peserta lain. Misalnya Mba Upi dengan temanya, benang. Lalu Claudine berjudul tangan. Diko bertemakan proses ke Gunung Gede, serta Boca yang memotret ekspresi anak. Pembahasan ini terkait dengan pernyataan Mba Arum, "Kita bisa lihat bahwa bercerita itu tidak perlu dengan kata-kata. Rangkaian foto yang disusun apik bisa menjadi sebuah cerita juga." 

Mba Arum bersama-sama dengan peserta secara demokratis mulai memilih foto-foto mana yang kiranya menarik untuk dipamerkan di akhir pertemuan. Kelas ditutup dengan menonton film dokumenter pendek.




Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin