11.11.11

KlabKlassik: Membahas Hak Cipta Musik bersama Pirhot Nababan

Minggu, 13 November 2011
Tobucil, Jl. Aceh no. 56
jam 15.00 - 18.00
Gratis


Masalah hak cipta musik masih menjadi isu yang cukup serius di Indonesia. Perlu diketahui, pelanggaran hak kekayaan intelektual di Indonesia tergolong besar. Di tahun 1999, petugas Direktorat Bea dan Cukai di Bandara Soekarno-Hatta membongkar paket yang berisi ribuan keping video porno dan VCD ilegal. Negara telah dirugikan sebesar Rp 3,655 miliar akibat insiden ini

Selain itu, selain negara telah dirugikan dalam jumlah yang sangat besar dari sektor pajak, akibat adanya pembajakan. Kerugian ini juga dialami oleh pencipta lagu karena tidak menerima royalti.

Masalah lain yang muncul adalah keluhan dari pencipta lagu yang tidak menerima honor sesuai berdasarkan perjanjian dengan perusahaan rekaman. Produser rekaman, tak jarang, memaksakan kemauannya dalam semua aspek seperti sistem kontrak, besar honor, sampai waktu pembayaran honor.

Lebih jauh, pembayaran royalti atas karya cipta musik atau lagu yang diputar atau dinyanyikan di hotel, karaoke, diskotik, restoran, kapal terbang dan lain-lain, tetap menimbulkan berbagai persepsi dari publik.


Pertemuan minggu nanti adalah momen yang baik untuk berdiskusi tentang persoalan hak cipta musik ini. Dipandu oleh pakar hukum Pirhot Nababan, acara ini gratis dan terbuka untuk umum.
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin