27.11.11

Madrasah Falsafah: Persiapan Pesta Filsuf

Rabu, 23 November 2011


Pesta Filsuf yang merupakan acara tahunan Madrasah Falsafah, sebentar lagi akan digelar. Meskipun bertajuk tahunan, namun tahun lalu Pesta Filsuf urung digelar.  Rosihan Fahmi alias Kang Ami tidak mau batal lagi, sebagai koordinator Madfal, ia mengupayakan bahwa Pesta Filsuf mesti jadi digelar meski harus mundur hingga akhir tahun. Pesta Filsuf ditetapkan akan digelar pada 10 Desember alias kurang dari dua minggu lagi. Temanya adalah "Etika di Media".

Sebagai bentuk persiapan acara, Madfal melakukan dua hal, pertama: Membuka untuk umum siapa saja yang ingin jadi pembicara dengan mengumpulkan tulisan tentang Etika di Media, kedua: Mengundang dosen Unpar, Rudi Setiawan untuk "menggawangi" pertemuan Madfal selama tiga kali agar para aktivis Madfal bisa terangsang untuk ikut serta dalam penulisan. Mas Rudi ini datang selama tiga kali untuk membahas etika secara kanonik, yaitu definisi etika secara mendasar, agar ada kejernihan konsep sebelum masyarakat Madfal mulai menulis.

"Etika tidak sama dengan moralitas. Etika adalah kacamata kritis kita dalam memandang moralitas," demikian tekan Mas Rudi di Madfal. Setelah pertemuan pertama kedatangan Mas Rudi disesaki pendatang, pertemuan keduanya agak sepi. Banyak orang ada urusan dalam waktu bersamaan sehingga kehadiran Mas Rudi hanya ditemani Diecky, Mata, Hadi, dan saya. Meski demikian, Mas Rudi tetap bersemangat membagikan ilmunya. 

Mas Rudi menyinggung etika John Rawls yang menganggap keadilan sebagai utopia. Ketidakrataan ekonomi itu adalah hal yang niscaya, namun yang harus dilakukan adalah, "Ketika ada ketidakrataan, yang paling tertindas justru yang harus paling diutamakan," kata Mas Rudi. Lalu disinggung pula etika kepedulian dari Carol Gilligan yang sangat feminis. Selain itu, ada diskusi menarik antara Mas Rudi dan Diecky yang ditulis di sini.

Akan ada kedatangan Mas Rudi lagi ketiga kalinya di minggu depan sebelum Pesta Filsuf benar-benar dihelat. Mari "manfaatkan" kehadirannya!



Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin