4.12.11

Filsafat untuk Pemula: Tulisan Penutup dari Firman Hamdani


Sejak dua minggu kemarin, akan dimuat berturut-turut tulisan dari peserta Kelas Filsafat untuk Pemula yang telah berakhir tiga minggu lalu setelah belajar selama delapan pekan. Temanya adalah tentang filsafat modern. Pemuatan ini menunjukkan hasil belajar (output) yang sudah diterima selama periode pertemuan tersebut. Berikut adalah tulisan output dari Firman Hamdani.

Pengalaman kelas filsafat diantaranya adalah saya dapat mengetahui pemikiran dan karya para filsuf dari berbagai peradaban sehingga cakrawala semakin terbuka lebar dan ingin lebih banyak mengetahui dan mencoba mencari referensi lainnya.

Selain itu, dalam perjalanannya saya juga mengalami  yang mungkin disebut dengan kegalauan yang mengakibatkan pergulatan batin semakin kencang dalam aktivitas sehari-hari. Hal itu menjadi sebuah resiko ketika terjun berfilsafat. Tetapi karena keawaman hal itu tidak lekas membuat saya menjauhi filsafat malah mencoba bersemangat untuk lebih terjun mendalami filsafat.

Karena belajar filsafat menimbulkan kegalauan tetapi dibalik itu menghadirkan juga pintu harapan. Di kelas ini juga sangat asyik, menggugah dan membanggakan karena mendapatkan pesan nilai-nilai moralitas. Hal itu tergambar ketika di salah satu pertemuan dijelaskan bahwa kita harus terjun kepada suatu kondisi agar kita dapat merefleksikan dan penyikapan tentang arti kehidupan.

Kelas filsafat ini juga mengajarkan tentang bagaimana dalam mewarnai kehidupan kita dituntut mencari sebuah kebenaran di setiap aspeknya, meskipun dijelaskan juga terkadang kebenaran itu relatif. Komunikasi bahasa antara manusia tidak luput juga dalam pembahasan.

Beberapa poin penting yang didapatkan dalam kelas ini adalah kita bisa  memaknai kehidupan, dan mencoba menjadi manusia baru. Proses mendewasakan pikiran dalam menemukan kematangan intelektualitas merupakan manfaat yang diraih sehingga kitapun mencari sebuah identitas  utuh dalam diri kita yang sudah tertanam untuk dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan. 

Pada intinya dalam kelas ini saya mendapatkan manfaat berharga yang tertuju kepada dalamnya kebijaksanaan diantaranya etika, estetika dan nilai-nilai kemanusiaan. Hal tersebut merupakan gambaran yang pada prinsipnya mengajarkan untuk terus memperpanjang tali silaturahmi dan terus menabur  kebaikan kepada lingkungan sosial.

Diakhir pertemuan yaitu pertemuan ke delapan kami para murid kelas filsafat juga diberikan pemahaman tentang cara bagaimana mengarungi kehidupan untuk tidak menghindar dari kompleksnya masalah tetapi dengan strategi penyelesaian masalah cepat. Selain itu, juga diajarkan tentang   mengatasi kecemasan yang timbul dalam mengarungi kehidupan disebabkan karena adanya masa depan, tetapi dibalik itu muncul  harapan yang dapat ditemukannya mutiara kehidupan paling berharga.

Terimakasih kepada kang Ami dan Kang Syarif yang telah banyak  berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam kelas filsafat. 

Firman Hamdani     

Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin