17.1.12

KlabKlassik Edisi Playlist #9: Menyambut Tahun Baru Imlek



Tentang Edisi Playlist

Edisi Playlist bertujuan untuk melatih apresiasi. Memberi pengetahuan tentang keberbedaan selera yang berkembang di masing-masing persona, dan bagaimana cara menghargainya. Terlebih ketika hari ini musik sudah jarang sekali diperlakukan sebagai "musik an sich". Musik sekarang kita dengar sebagai latar belakang, mulai dari berbelanja di mal, menonton televisi, hingga menyetir di mobil. Mari kita duduk, menghargai musik sebagai musik, didengarkan dalam entitasnya yang sejati. Semoga ada kebenaran yang bisa diraih disana. Amin.

Waktu dan Tempat

KlabKlassik Edisi Playlist #9 akan dilakukan di Tobucil, Jl. Aceh no. 56 pada hari Minggu, 22 Januari 2012 pukul 15.00 - 17.00 (waktu berakhir bisa berubah tergantung jumlah peserta).

Tatacara

Peserta kumpul-kumpul berpartisipasi dengan cara membawa satu lagu favoritnya (tidak harus klasik loh!) dalam flashdisk untuk diputar dan diapresiasi bersama-sama. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

Latar Belakang Edisi Kali Ini

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tersebut dikenal juga dengan nama "Spring Festival" (penanda berakhirnya musim dingin) atau "Lunar New Year" (karena penanggalan Tionghoa mengacu pada siklus bulan).

Alkisah, adalah seekor raksasa pemakan manusia dari pegunungan bernama Nián (年), yang muncul di akhir musim dingin untuk memakan hasil panen, ternak dan bahkan penduduk desa. Untuk melindungi diri mereka, para penduduk menaruh makanan di depan pintu mereka pada awal tahun. DIpercaya bahwa melakukan hal itu Nian akan memakan makanan yang telah mereka siapkan dan tidak akan menyerang orang atau mencuri ternak dan hasil Panen. Pada suatu waktu, penduduk melihat bahwa Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang mengenakan pakaian berwarna merah. Penduduk kemudian percaya bahwa Nian takut akan warna merah, sehingga setiap kali tahun baru akan datang, para penduduk akan menggantungkan lentera dan gulungan kerta merah di jendela dan pintu. Mereka juga menggunakan kembang api untuk menakuti Nian. Adat-adat pengusiran Nian ini kemudian berkembang menjadi perayaan Tahun Baru. Guò nián, yang berarti "menyambut tahun baru", secara harafiah berarti "mengusir Nian".

Di Indonesia sendiri perayaan Tahun Baru Imlek baru bebas dilaksanakan mulai tahun 2000, setelah puluhan tahun dilarang oleh rezim orde baru. Baru mulai tahun 2003, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional.

Pertemuan KlabKlassik edisi Playlist turut menyambut hari raya Imlek yang jatuh pada keesokan harinya. Peserta dipersilakan membawa satu lagu favoritnya yang berhubungan (atau dihubung-hubungkan) dengan peringatan Tahun Baru Imlek, boleh tentang naga, merah, angpao, keluarga, hujan, ramalan, tahun baru, atau apapun yang asyik. Pertemuan dipandu oleh Adrian Benn, dan nantikan juga komentar-komentar seru dari Ismail Reza yang seringkali mencengangkan.
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin