15.1.12

KlabKlassik: Nonton Bareng "Amadeus" (1984)

Minggu, 15 Januari 2012


Pertemuan pertama KlabKlassik tahun ini diawali dengan nonton bareng. Sang koordinator, Mas Yunus memilih film Amadeus (1984) yang menceritakan tentang perjalanan dua komposer besar era Klasik yaitu W.A. Mozart dan Antonio Salieri. Film tersebut lebih menyoroti dari sudut pandang Salieri yang terjebak pada rasa bersalah karena merasa telah membunuh Mozart. Film Amadeus kemudian menjadi flashback, cerita bagaimana awal pertemuan Salieri dan Mozart, disertai perjalanan tumbuhnya rasa cemburu Salieri pada karir Mozart. Film berdurasi 161 menit yang disutradarai oleh Milos Forman itu sebetulnya diangkat dari karya drama tulisan Peter Shaffer. Pemeran Salieri yaitu F. Murray Abraham meraih Oscar karena penampilan gemilangnya.

Setelah film tersebut selesai diputar, ada diskusi singkat seputar film itu sendiri. Misalnya, Jazzy mengomentari logat para pemain dalam dialog tersebut yang seringkali terjebak pada logat American. Padahal biasanya jika latarnya Eropa, ketika dialog berbahasa Inggris biasanya menjadi agak British. Sedangkan Pirhot sangat suka dengan berbagai tagline dalam filmnya, seperti "Mediocrity is everywhere" atau "Kamu tidak bisa menulis ulang apa yang sudah sempurna". Kang Beben melihat Mozart yang dalam film itu digambarkan nyleneh dan bengal, sebagai hal yang dibutuhkan jika seseorang mau maju dan ingin menjadi sesuatu. Harus ada upaya mendobrak tatanan meski berisiko dimusuhi.

Perbincangan menjadi berkembang membahas opera, misa, serta perkembangan piano. Kemudian juga menjadi membahas hubungan antara seni dan kekuasaan. Dalam film itu terlihat adanya intervensi terlalu banyak dari Joseph II, Holy Roman Emperor kala itu, pada karya-karya Mozart. Artinya, agar kesenian itu diakui, barangkali akses terhadap kekuasaan harus ada. Seperti misalnya Salieri yang waktu itu menjadi salah satu orang dekat Joseph II, sehingga karya-karya begitu mudah diakui.

KlabKlassik minggu depan (tanggal 22 Januari) akan menampilkan edisi Playlist. Bawa satu lagu favoritmu apa saja, kita dengarkan sama-sama! 



Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin