22.3.13

Dibuka Pendaftaran Kelas Filsafat untuk Pemula: Etika dan Problem Keseharian


Pengantar
Selain menitikberatkan pada kegiatan olah pikir, filsafat juga masuk pada ranah tindakan. Bahkan banyak yang setuju jika refleksi yang terdalam sekalipun akan menjadi nirmakna jika tak tercermin dalam gerak-gerik keseharian. Etika berbicara tentang apa yang "seharusnya" dilakukan oleh manusia secara konkrit dan rasional. Etika tidak bisa begitu saja mengacu pada agama ataupun aturan hukum, melainkan hendak memberitahu bahwa pada kenyataannya kita sering dihadapkan pada pilihan-pilihan hidup yang tidak bisa dijawab dengan dogma-dogma yang kaku.

Materi
Pertemuan ke-1 : Ruang lingkup pembahasan etika
Pertemuan ke-2 : Etika Sokrates
Pertemuan ke-3 : Etika Hellenisme
Pertemuan ke-4 : Studi kasus
Pertemuan ke-5 : Etika modern, dari Kantian hingga Sartrean
Pertemuan ke-6 : Mengenal ragam pemikiran etika kontemporer
Pertemuan ke-7 : Agama dan etika
Pertemuan ke-8 : Penutup

Pemateri

Rosihan Fahmi - Lulusan Aqidah Filsafat UIN dan Pascasarjana Ilmu Filsafat UI ini adalah penggiat filsafat yang lebih banyak aktif di komunitas. Bersama Bambang Q-Anees, Ami -panggilannya- mendirikan komunitas diskusi Madrasah Falsafah Sophia yang aktif berkumpul di Tobucil & Klabs. Ami yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Sekolah Manba'ul Huda ini sekarang aktif sebagai pengajar filsafat di ruang alternatif Garasi10 dan sejumlah kampus maupun komunitas. Metoda mengajar Ami lebih mengedepankan dialog daripada pengungkapan teoritik secara satu arah. Ia juga kerapkali mendorong para peserta kelasnya untuk menuliskan hasil perenungannya atas apa yang sudah diuraikan selama kuliah.


Syarif Maulana - Lulusan Hubungan Internasional UNPAR dan Pascasarjana Ilmu Komunikasi UNPAD ini aktif meneruskan semangat Madrasah Falsafah Sophia di Tobucil & Klabs dengan nama lain yakni Klab Filsafat Tobucil. Selain menjadi koordinator Klab Filsafat Tobucil, aktivitas sehari-hari Syarif adalah dosen di Fakultas Ilmu Budaya UNPAD, menulis untuk sejumlah blog maupun media online, mengajar gitar, bermain musik serta menjadi koordinator komunitas musik klasik bernama KlabKlassik. Dalam waktu dekat, Syarif akan meluncurkan buku pertamanya tentang analisis film yang berjudul Manusia dan Teknologi dalam 2001: A Space Odyssey. Tulisan-tulisan Syarif dapat dibaca di sini.

Informasi
  1. Kelas berlangsung setiap hari Selasa pk 17.00 - 19.00 mulai 2 April 2013 di Tobucil & Klabs, Jl. Aceh no 56, Bandung. 
  2. Biaya keikutsertaan adalah Rp. 250.000 untuk 8 (delapan) kali pertemuan. 
  3. Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) orang peserta. 
  4. Di akhir pertemuan, peserta akan diminta untuk menuliskan hasil renungannya untuk kemudian dikompilasikan menjadi sebuah buku.
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin