30.5.13

Penutupan Kelas Filsafat Tobucil Angkatan VI

Delapan pertemuan sudah dilalui Kelas Filsafat Tobucil Angkatan VI yang mengangkat tema "Etika dan Problem Keseharian". Kelas asuhan Rosihan Fahmi dan Syarif Maulana ini berbeda dengan Klab Filsafat Tobucil hari Senin. Jika klab memfokuskan kegiatannya pada diskusi umum dan terbuka, kelas ini lebih tertutup, berbayar, dan membicarakan hal-hal yang lebih teoritik.

Kelas yang digagas oleh Bambang Q-Anees ini pernah membahas mulai dari filsafat Yunani, filsafat abad pertengahan hingga filsafat modern. Khusus yang kali ini, pembahasan berkaitan dengan salah satu aspek aksiologis (praktis) dari filsafat yakni mengenai etika. Peserta yang mendaftar relatif sedikit yakni dua orang saja. Meskipun demikian, dua orang peserta yakni Reni Indardini dan Yunanto Ismail tidak pernah sepertemuan pun absen. Mereka pun tidak lalai mengerjakan tugas dari Kang Ami berupa tulisan yang dikumpulkan di pertemuan pamungkas. Isi tulisannya? Renungan-renungan pribadi mengenai etika.

Kelas "Etika dan Problem Keseharian" -seperti yang sudah diungkapkan di atas- berlangsung selama delapan pertemuan. Pembahasan berkaitan dengan etika Sokrates, etika Hellenisme, etika modern, dan etika kontemporer. Terdapat juga pertemuan yang membahas studi kasus dan kaitan antara etika dan agama. Yunanto menyebut kelas ini melengkapi pemahamannya yang sudah cukup lama dijejali oleh filsafat Islam. Sedangkan Reni, ia merasa bahwa ia jadi cukup punya banyak pilihan dalam bertindak dalam menghadapi permasalahan sejak belajar etika.

Etika adalah cabang filsafat yang membahas tentang hakikat kebaikan. Selain itu, etika juga membahas tentang apa yang seharusnya manusia lakukan terkait dengan kehidupan konkritnya. Artinya, etika tidak berkutat di masalah-masalah ontologis seperti misalnya hakikat manusia atau hakikat alam semesta. Boleh dibilang, etika lebih terkait dengan hal-hal praktis dalam keseharian manusia.

Syarif Maulana

Yunanto Ismail (kiri)

Reni Indardini (kiri)

Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin