28.1.14

Memunguti Sudut Menarik di Pertemuan Ketiga

Tidak seperti biasanya, pertemuan kelas menulis feature kali ini bertempat di Taman Lansia dan dilakukan lebih awal yaitu hari Senin (27/01/14). Sebagai keberlanjutnya dari pertemuan minggu lalu, pertemuan kali ini tidak lagi membahas teori, namun penerapan langsung dari salah satu bagian menulis yaitu pre-writing.

“dengan terjun langsung ke lapangan seperti ini, para peserta dapat merasakan langsung bagaimana proses observasi itu, dan bagaimana mereka dapat menemukan sudut masalah yang akan diangkat dalam tulisan mereka nantinya.” Ucap Adi sembari memangku macbooknya.

Tepat pukul sembilan pagi peserta berkumpul dan mendapat arahan singkat dari mas Adi berhubung mas Zaky tak hadir. Para peserta pun diberikan waktu dua jam untuk berpencar menuju tempat observasi pilihannya masing-masing.



Pemilihan tempat taman Lansia merupakan hasil pemungutan suara para peserta, menimbang banyaknya spot yang menarik di sana. Seperti dua museum yang bersebelahan dengan taman tersebut. Museum perangko di sebelah kiri taman yang gratis biaya masuk, dan museum geologi di seberang yang penuh dengan pengunjung. Para peserta dibebaskan menentukan topik yang akan di angkat dalam tulisan sesuai dengan pilihannya masing-masing.

Tepat pukul sebelas, para peserta kembali berkumpul di taman dan sedikit berbagi kesan hasil kunjungannya. Museum perangko yang membagikan gantungan kunci gratis pada pengunjungnya, fasilitas museum yang kurang maksimal, koleksi perangko yang langka, hingga bincang-bincang singkat dengan petugas museum yang berhasil memberikan data pengunjung kepada salah satu peserta.


Setelah pertemuan kali ini, sebuah karya tulisan pun dituntut untuk dihasilkan agar proses menulis menjadi utuh. Penasaran dengan karya-karya yang akan dihasilkan? Mari kita lihat di pertemuan berikutnya. J

Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin