22.2.14

Step By Step Menuju Final Project!

Seperti di angkatan-angkatan sebelumnya, pada akhir silabus pertemuan selalu akan ada final project. Sebuah karya agung hasil pembelajaran dari seluruh pertemuan dan kemudian di sidangkan sebagai pertanggung-jawaban. Proses sidang karya nantinya tidak akan terpaku kepada hasil, tetapi juga proses kreatif selama karya tersebut dibuat. Dimulai dari latar belakang pemilihan topik, proses pengumpulan data, riset, dan aspek lainnya.



Setelah menempuh tujuh angkatan, kelas menulis feature angkatan kedelapan kali ini lebih diawasi secara ketat oleh sang mentor Adi dalam melangkah menuju final. Belajar dari angkatan sebelumnya, angkatan kedelapan ini sudah memulai fokus pada final project di pertemuan ke enam. Dimulai dari mengangkat tema atau topik karya, lalu di uraikan secara terbuka baik oleh teman-teman peserta kelas maupun oleh sang mentor.

Sugi memilih topik yang langsung fokus, satu titik, dengan satu masalah inti yang diangkat dalam berbagai sisi dan sudut pandang penulisan. Ia memilih topik ‘nelayan sampah sungai citarum’. Sedangkan Bobi memilih ‘underground dan saparua’ menurut Adi, topik yang Bobi pilih masih terlalu luas, pengekerucutan fokus pada topiknya masih diperlukan dalam pertemuan ini. Dengan metode sederhana yang tokcer Adi menuliskan topik pilihan Bobi pada selembar kertas kemudian menggambar peta pikiran dari topik tersebut. Teman-teman peserta lain membantu Bobi dalam menemukan fokus yang akan diangkat nantinya.

Lain Sugi, lain Bobi, lain pula ketiga perserta cantik ini, Ratna, Meitha, dan Langit. Mereka memilih tema besar dari kesastraan namun dengan pemilihan topik yang berlainan sama sekali. Meitha pada mulanya ingin mengangkat sebuah resort indah di Bali namun urung karena setelah ditelaah hanya bisa menghasilkan sedikit sekali fokus yang menarik. Ia akhirnya memilih topik seorang penulis sastra wangi ‘Djenar Maesa Ayu’ untuk projectnya. Masih tentang sastra, perempuan manis asal Garut, Ratna, memilih topik ‘pameran sastra solo’ sebagai benih karya finalnya nanti. Lalu dari sudut pandang pembaca sastra, Langit memilih topik ‘pembajakan buku’. Sungguh sangat menarik!


Pertemuan ditutup dengan bekal ‘mentah’ dari topik masing-masing peserta untuk kemudian dibawa pulang dan tentunya mulai dieksekusi menuju sebuah karya agung dalam feature. :)

Dini Zakia
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin