3.9.14

Menghidupkan Kembali Klab Baca di Sabtu Sore

Di bulan September 2014 ini, Tobucil & Klabs memulai kembali kegiatan diskusi santai di Sabtu sore dengan nama Klab Baca. Klab Baca bukanlah klab baru dan asing bagi Tobucil. Klab Baca adalah klab pertama sekaligus program regular pertama di Tobucil dan pertama kali digelar pada bulan September 2002 (12 tahun yang lalu) setiap hari minggu sore, ketika Tobucil masih beralamatkan di Jl. Ir. H. Juanda No. 139a (Trimatra Center) Bandung. Saat itu, Klab Baca berfokus pada obrolan seputar buku dengan pendekatan ringan dan santai. Siapa pun dari berbagai usia dan kalangan dapat bergabung dengan kegiatan ini.

Kegiatan Klab Baca sempat vakum ketika Tobucil mengalami perpindahan tempat dari Trimatra ke Kyai Gede Utama (tahun 2003) dan ke Jalan Aceh (tahun 2007), waktu vakum yang cukup lama. Kevakuman itu salah satunya disebabkan oleh pembagian kegiatan yang spesifik sesuai tema. Klab Baca sempat mengalami pengerucutan tema menjadi Klab Baca Pramoedya yang secara spesifik lebih membahas dan mengkaji karya-karya penulis Pramoedya Ananta Toer. Ketika kegiatan Klab Baca Pramoedya berubah wadah menjadi Pramoedya Institut, kegiatan Klab Baca mengalami kevakuman panjang. Klab yang mewadahi kegiatan diskusi di Tobucil lebih banyak diwakili oleh kegiatan klab lainnya, yaitu Madrasah Falsafah yang kemudian berganti nama menjadi Klab Filsafat. 

Dinamika kegiatan Klabs di Tobucil, membawa Klab pada pasang surutnya ketika beradaptasi dengan konteks dan situasi yang ada. Format kegiatan berubah mengikuti daya hidupnya. Seiring perubahan dan perkembangan yang terjadi di Tobucil, akhirnya pada bulan September 2014, Klab Baca di hidupkan kembali untuk mewadahi kegiatan-kegiatan diskusi dan pembahasan. Klab Baca kemudian tidak hanya berfokus pada pembahasan buku, namun tema-tema yang lebih luas yang bisa dijadikan bahan kajian. Tema-tema yang biasanya dibahas di Klab Filsafat bisa  di bahas di Klab Baca, begitu pula pembahasan-pembahasan buku/karya. Tobucil ingin mengembalikan lagi definisi membaca ke dalam arti yang lebih luas, bahwa membaca tidak hanya sebatas apa yang tertulis pada teks (teks tentu saja menjadi landasan) namun membaca fenomena, persoalan-persoalan di sekelilingnya menjadi penting untuk membangun pemahaman yang lebih utuh. 

Selamat bergabung kembali di Klab Baca, setiap sabtu minggu ke 2 & 4 Pk. 15.00 WIB

Salam hangat,
Tobucil & Klabs
Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin