4.9.14

Klab Baca: Utopia

Minggu sore 17 Agustus 2014, Klab Baca Minggu Sore mengambil tema diskusi Utopia dengan Gingin Gurmilang sebagai pemasalah mengangkat tema kecil tentang Venus Project yang digulirkan oleh Jacque Fresco.

Situasi ketidakidealan membuat manusia  terus membuat konsep.  Ketika sebuah konsep yang dianggap ideal dilaksanakan dalam dunia praktis akan lahir konsep anti tesisnya. Titik ideal yang semula hampir teraih kemudian menjauh.

Suatu ide disebut utopia atau tidak hal yg menentukannya adalah soal cara. Kalau cara pencapaiannya sudah ada maka bukan disebut lagi utopis.

Ada banyak masalah-masalah serius yang dihadapi oleh masyarakat modern kita, diantaranya tindak kriminal, pengangguran, populasi yang meledak, kemiskinan, perang ,sampai rusaknya ekosistem. Namun usaha yang kita lakukan seakan hampir tidak memberikan dampak yang benar-benar terasa dan menyeluruh. Venus Project yang didirikan di Venus, Florida, Amerika Serikat oleh seorang Insinyur bernama Jacque Fresco adalah proyek penelitian yang menawarkan sebuah rancangan peradaban yang tertata dengan sangat mutakhir dan menawarkan solusi yang lebih baik melalui pengembangan dan penerapan teknologi yang sudah berkembang dengan pesat. Seperti menggantikan kendaraan dan mesin bertenaga minyak yang mulai langka, mahal, terbatas, dan merusak lingkungan dengan listrik yang sumbernya hampir tidak terbatas (angin, ombak, panas bumi, matahari, dll.) serta merancang sebuah kota yang memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan terotomatisasi dengan mesin sehingga memungkinkan terjadinya dunia tanpa uang, pemerintah, dan hukum.

Dengan dasar keberlimpahan sumber daya alam tanpa perlu diperjual belikan atau ditukar, mesin yang diprogram otomatis untuk melayani masyarakat dalam sebuah kota dan untuk mencegah prilaku kriminal dan lingkungan buruk yang menyebabkan manusia berbuat jahat. 

Semua itu dapat terjadi bila kita mempunyai kesadaran untuk bekerja sama membangunnya bersama dan tidak perlu bersaing untuk memenuhi kebutuhan karena menurut Fresco, kelangkaan adalah mitos yang membuat sistem yang sudah usang ini terus berputar. Sistem peradaban ini sangat mendukung agar manusia mempunyai tujuan lain dalam hidup agar tidak sekedar memenuhi kehidupan, melainkan agar terus belajar untuk membuat masyarakat, manusia, dan alam lebih baik serta memahami eksistensi kehidupan mereka. 
Venus Project hanya menawarkan rancangan belaka yang sebetulnya memang terkesan utopis dan futuristik, namun sangat mungkin bisa dilaksanakan jika kesadaran masyarakat telah bangkit secara masal.

Ketika kesalahan diminimalisir atau hampir dinihilkan, lalu apa yg menjadi tempat belajar bagi manusia? Apakah manusia masih mengerti konsep salah dan benar?

Venus project hanyalah perangkat. Satu modal utama untuk konsep Venus Project ini bias terealisasikan, sebagaimana konsep-konsep ideal Anarko bisa diaplikasikan sepertinya dibutuhkan kesadaran bersama tentang konsep ini di setiap kepala para warganya. Akan menjadi lebih mudah bila populasi terbilang kecil, sedikit. Lalu kemudian di tengah arus dan atmosfir dunia hari ini dengan melibatnya keserakahan manusia dengan alam hidupnya yang kompetitif bagaimana menanamkan kesadaran di tiap-tiap kepala dan tetap terjaga konsistensinya?

~ ping


Google Twitter FaceBook

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin